Ikan ini Taklukan Kolesterol Jahat hingga Penyakit Jantung, Murah dan Banyak di Pasar!

- Senin, 2 Agustus 2021 | 09:45 WIB
Olahan menu ikan patin,
Olahan menu ikan patin,

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ikan dori kian populer sejak makanan khas negeri ratu Elizabeth, fish and chips, masuk ke Indonesia. Ikan bertekstur sangat lembut ini sontak menjadi salah satu makanan kekinian favorit orang Indonesia karena hampir tak berduri dan tentunya bisa dijadikan lauk makan nasi. Penasaran apa manfaat ikan dori, dan cara bikin fish and chips sendiri di rumah?

Ikan dori yang Anda makan bukan si biru teman Nemo, tetapi ikan patin

Jangan membayangkan ikan dori yang Anda makan selama ini adalah ikan biru yang ada di dalam film kartun Finding Nemo. Ikan biru tersebut, sebenarnya jenis ikan hias yang tidak bisa dimakan dan beracun.

Namun, selama ini memang kebanyakan orang mengenal ikan yang jadi menu utama fish and chips adalah ikan dori. Padahal sebenarnya, menu tersebut berbahan dasar dari ikan patin, mudahnya disebut dengan ikan dori lokal. Dikutip dari Hellosehat.com, berdasarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKP), istilah dori marak digunakan karena kesalahan penulisan label.

Apa saja manfaat ikan patin?
Setelah meluruskan fakta-faktanya, lantas apa saja manfaat ikan patin?

1. Tinggi protein
Ikan merupakan salah satu sumber makanan tinggi protein yang baik bagi tubuh. Seporsi ikan patin sebanyak 100 gram mengandung 17 gram protein. Mengolah ikan patin menjadi hidangan yang lezat pun membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian. Protein dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun, memperbaiki sel tubuh yang rusak, dan meningkatkan massa otot.

2. Kaya omega-3
Patin termasuk ikan yang mengandung asam omega-3. Asam lemak omega-3 dan turunannya, seperti DHA dan EPA, berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengutip dari berbagai sumber, rutin makan ikan tinggi omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat dan kolesterol dalam darah. Menurut American Heart Association, konsumsi ikan tinggi omega 3 sebanyak 50 gram setiap seminggu sekali bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Sementara itu, asam lemak omega-3 juga berperan untuk menjaga kesehatan otak. Asupan omega-3 per hari dari makanan sehat dilaporkan dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan depresi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB
X