Waspada Klaim Berlebihan Soal Manfaat Probiotik

- Senin, 2 Agustus 2021 | 08:34 WIB
Ilustrasi susu.
Ilustrasi susu.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Minat publik terhadap produk suplemen probiotik semakin meningkat. Probiotik terbukti mengandung strain bakteri menguntungkan yang hidup atau mati.

Dilansir dari Republika.co.id, para produsen berlomba-lomba mengklaim produknya dapat membantu pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan suasana hati. Bahkan ada juga yang disebut bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Terkait hal itu, para ahli mengkhawatirkan pemasaran suplemen melampaui sains yang sebenarnya. Memang ada bukti yang menunjukkan probiotik dapat membantu kondisi pencernaan tertentu, namun ada juga beberapa hal yang perlu dibuktikan.

Hal yang harus dibuktikan

Masalahnya, studi tentang probiotik ada di mana-mana. Riset mungkin menggunakan strain probiotik, dosis, atau rejimen pengobatan berlainan sehingga sulit membandingkan, menyatukan data, serta menganalisis hasilnya.

Respons pasien terhadap perawatan probiotik bervariasi dalam setiap penelitian. Selain itu, dokter ilmuwan di University of Chicago di Amerika Serikat, Eugene Chang, mengatakan banyak penelitian tentang probiotik dirancang dengan buruk.

Tidak sedikit periset yang gagal melakukan pemantauan apakah peserta juga mengonsumsi obat selain probiotik. Ada riset dengan jumlah peserta amat kecil, selain besarnya variabilitas dalam kesehatan, gaya hidup, dan faktor lain.

Hal tambahan yang membuat sangsi, tentu saja karena setiap orang memiliki mikrobioma yang berbeda. "Itu membuat data sangat sulit untuk ditafsirkan," kata Chang, dikutip dari laman Popular Science.

Meskipun probiotik berpotensi punya efek baik pada tubuh, perlu diingat manfaat itu hanya bertahan selama mengonsumsi suplemen. Ada jenis probiotik tertentu yang membantu, tetapi juga ada yang tidak.

Aman dikonsumsi

Kabar baiknya, secara umum probiotik aman dikonsumsi. Profesor ilmu farmasi di University of Southern California di Amerika Serikat, Roger Clemens, percaya probiotik tidak memberikan efek samping terhadap orang yang sehat.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah, Bunda Harus Tau!

Senin, 20 September 2021 | 17:55 WIB

Kapan Anak Bisa Lepas Pampers ? Kenali Tanda-tanda Ini

Senin, 20 September 2021 | 15:17 WIB

5 Efek Positif Sering Pijat Telinga Setiap Hari

Senin, 20 September 2021 | 13:40 WIB

Virus Epstein-Barr Picu Risiko Long Covid-19, Kok Bisa?

Senin, 20 September 2021 | 12:20 WIB

Perbedaan Sakit Tenggorokan Akibat Flu vs Covid-19

Senin, 20 September 2021 | 07:29 WIB

5 Asupan ini Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Senin, 20 September 2021 | 07:04 WIB

6 Bahan Dapur untuk Turunkan Berat Badan

Sabtu, 18 September 2021 | 15:00 WIB

Mimpi Basah Jarang Terjadi Setelah Menikah

Jumat, 17 September 2021 | 22:10 WIB
X