Hati-hati, Kopi Bisa Memperparah Migrain

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 23:40 WIB
Ilustrasi minum kopi.
Ilustrasi minum kopi.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bagi penggemar kopi, Anda perlu membatasi asupan minuman berkafein tersebut dalam keseharian. Bila seseorang mengkonsumsi kopi hingga tiga cangkir atau lebih dalam sehari, maka risiko sakit kepala migrain dapat membayangi. 

Sebagaimana dilansir dari Republika, Sabtu 31 Juli 2021, hal tersebut diungkap pada sebuah studi 2019 yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine. Berdasarkan riset itu, minum tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari cenderung memicu migrain. Berlaku juga untuk minuman berkafein lain.

Para peneliti mengamati 98 orang dewasa dengan migrain episodik (sakit kepala nol hingga 14 hari per bulan) selama enam pekan. Setiap peserta melaporkan jumlah asupan minuman berkafein yang mereka konsumsi setiap hari.

Minum satu hingga dua porsi minuman berkafein (atau satu hingga dua cangkir kopi delapan ons) sehari tidak berkaitan dengan risiko migrain. Namun, risiko itu melonjak ketika seseorang minum tiga porsi atau lebih.

Peneliti utama studi, Elizabeth Mostofsky, menyampaikan bahwa tim secara bersamaan juga melihat eksposur seperti kebiasaan tidur, cuaca, aktivitas fisik. Seluruh informasi dihimpun dalam studi khusus tersebut.

"Memperhitungkan semua faktor lainnya, termasuk gaya hidup, masih ada kemungkinan yang lebih tinggi dari sakit kepala migrain dengan tiga atau lebih porsi kafein," kata instruktur di departemen epidemiologi di Universitas Harvard itu.

Terlepas dari aneka risiko tersebut, kopi sejatinya punya banyak manfaat. Universitas John Hopkins menginformasikan, jumlah kopi yang tepat dapat membuat seseorang kecil kemungkinan meninggal karena penyakit jantung.

Orang tersebut juga lebih tidak berisiko terkena diabetes tipe dua serta mengembangkan penyakit Alzheimer atau Parkinson. Dengan pemikiran tersebut, ada baiknya tidak berhenti minum kopi sama sekali jika memang sudah terbiasa.

Ini sebenarnya bukan tentang sepenuhnya menghentikan konsumsi kopi, melainkan tentang mengatur porsinya. Dosis dan frekuensi paparan kafein terhadap tubuh perlu disesuaikan berdasarkan kondisi masing-masing.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB

Gejala PMS Dapat Terjadi pada Pria, Kok Bisa?

Kamis, 23 September 2021 | 16:45 WIB

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB
X