Varian Delta Disebut Sama Menularnya dengan Cacar Air

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 18:57 WIB
[Ilustrasi] Varian Delta menjadi salah satu jenis virus corona Covid-19 yang sedang menimbulkan kekhawatiran global, karena lebih mudah menular daripada varian sebelumnya.
[Ilustrasi] Varian Delta menjadi salah satu jenis virus corona Covid-19 yang sedang menimbulkan kekhawatiran global, karena lebih mudah menular daripada varian sebelumnya.

JAKARTA, AYOINDONESIA.COM -- Virus Corona varian Delta disebut sama menularnya dengan cacar air. Hal itu diungkap Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS).

Laporan CDC menunjukan bahwa virus corona varian Delta juga lebih mungkin untuk menembus perlindungan yang diberikan oleh vaksin. 

Keputusan CDC pada Selasa 27 Juli 2021 untuk kembali meminta warga Amerika mematuhi petunjuk penggunaan masker walaupun sudah divaksin penuh juga didasarkan pada laporan tersebut. Namun, data CDC menunjukkan bahwa vaksin COVID sangat efektif dalam mencegah penyakit serius, perawatan inap dan kematian pada orang yang telah divaksin terhadap virus corona, kata laporan itu yang mengutip para ahli.

"Penelitian baru menunjukkan orang yang telah divaksin dan terinfeksi varian Delta membawa sejumlah besar virus di hidung dan tenggorokan," kata Direktur CDC Rochelle Walensky sebagaimana dilansir dari Republika, Sabtu 31 Juli 2021. 

Virus corona varian Delta lebih menular daripada virus yang menyebabkan MERS, SARS, Ebola, flu biasa, flu musiman dan cacar, seperti disampaikan dalam berita media tersebut. Langkah segera berikutnya bagi CDC adalah untuk mengakui bahwa perang (melawan virus corona) telah berubah. CDC diharapkan untuk mempublikasikan data tambahan tentang varian Delta.

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

X