Ikan Ini Lenyapkan Kolesterol hingga Penyakit Jantung, Enak dan Sehat!

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 12:25 WIB
Ikan kakap dapat Anda andalkan sebagai sumber zat gizi protein dengan jumlah kalori rendah, sehingga aman bagi Anda yang sedang dalam diet sehat. Selain jumlah kalori rendah dan proteinnya yang tinggi, apa lagi zat gizi yang terkandung di dalamnya?
Ikan kakap dapat Anda andalkan sebagai sumber zat gizi protein dengan jumlah kalori rendah, sehingga aman bagi Anda yang sedang dalam diet sehat. Selain jumlah kalori rendah dan proteinnya yang tinggi, apa lagi zat gizi yang terkandung di dalamnya?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ikan termasuk sumber protein yang baik selain daging sapi atau daging ayam. Jenis ikan yang cukup disukai dan laris di pasaran yaitu ikan kakap. Ikan yang berasal dari perairan laut dalam ini ternyata punya kandungan nutrisi dengan manfaat yang banyak.

Manfaat dari kandungan gizi ikan kakap
Kandungan protein yang ada di dalam ikan kakap tentu tidak perlu diragukan lagi. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 20,51 gram protein.

Dikutip dari Hellosehat.com, ikan kakap dapat Anda andalkan sebagai sumber zat gizi protein dengan jumlah kalori rendah, sehingga aman bagi Anda yang sedang dalam diet sehat. Selain jumlah kalori rendah dan proteinnya yang tinggi, apa lagi zat gizi yang terkandung di dalamnya?

1. Lemak baik
Makan ikan kakap tidak akan membuat lemak total dalam tubuh melonjak. Pasalnya, lemak yang dimiliki ikan ini termasuk lemak yang baik, yaitu lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh pada ikan kakap punya manfaat membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, terdapat asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk tubuh. 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 0,31 gram asam lemak omega-3.

American Heart Association menyatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam omega-3 tinggi, maka akan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

2. Mineral
Ada banyak kandungan mineral yang ada di dalam ikan kakap. Jika Anda makan ikan kakap sebanyak 100 gram, mineral yang Anda dapatkan yaitu:

  • Fosfor: 198 miligram
  • Kalsium: 32 miligram
  • Zinc (seng): 0,36 miligram
  • Zat besi: 0,18 miligram

Beragam mineral yang terkandung di dalam ikan kakap cukup beragam, sehingga makan ikan kakap juga bisa bikin kebutuhan mineral tubuh terpenuhi.

Mineral-mineral pada ikan kakap memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh, tapi sebagian besar berperan dalam pertumbuhan serta perkembangan sel tubuh.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB

Gejala PMS Dapat Terjadi pada Pria, Kok Bisa?

Kamis, 23 September 2021 | 16:45 WIB

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB
X