Menghirup Udara Segar Baik untuk Kesehatan Tubuh

- Jumat, 30 Juli 2021 | 16:25 WIB
Ilustrasi menghirup udara segar.
Ilustrasi menghirup udara segar.

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM— Rimbun pepohonan rindang membawa udara segar yang baik untuk tubuh. Padatnya perkotaan dan polusi udara di kota menyebabkan udara menjadi tidak sehat.

Dilansir dari situs Air Quality Index, kualitas dan kondisi udara Indonesia tercatat terus memburuk sejak dua dekade terakhir. Negara Indonesia pun menempati peringkat 20 negara dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Bagaimanapun, pada masa pandemi Covid-19 ini, udara segar harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Mengingat mobilitas kian diperketat, maka harus ada kesempatan untuk sejenak menghirup udara segar di pagi hari.

Salah satu contohnya dilakukan oleh Rizki, seorang mahasiswa yang berdomisili di daerah Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ia menceritakan bagaimana secara rutin menghirup udara segar saat pagi hari.

“Sudah menjadi aktivitas rutin sesudah salat subuh untuk merelaksasi tubuh dengan menghirup udara segar. Sedikit dingin, namun jika sudah terbiasa tidak akan terasa sangat dingin,” ujar Rizki.

Rizki mengatakan, jika berkegiatan dari rumah selama PPKM menguntungkan baginya, mengingat kegiatan ini tidak akan bisa dilakukan sebelum pandemi, karena waktu kegiatan yang padat

“Ada dampak positifnya dari pandemi Covid-19. saya jadi bisa olahraga pagi hari, terus bisa hirup udara segar bukan asap kendaraan. Pokoknya setelah saya rutin tarik nafas di pagi hari saya tidak mengantuk di jam 10 pagi ke atas, bekerja pun menjadi semangat,” ujar Rizki.

Menurut Rizki menghirup udara segar pagi hari dapat mengurangi beban stres pikiran; dan membawa hal positif bagi kesehatan

“Saya bukan perokok, jadi saya tahu betul kalau udara bersih di pagi hari cukup langka jika keadaan bukan pandemi. Banyak penelitian yang saya baca bahwa menghirup udara segar di pagi hari dapat meningkatkan sistem imun. Ini yang diperlukan di saat pandemi Covid-19 ini. Manfaat lainnya seperti meredakan stress, menghilangkan penat, menambah gairah, menjaga kesehatan paru-paru serta dan yang terpenting membuat saya tidak menjadi mengantuk dalam beraktivitas,” ujar Rizki.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB

Gejala PMS Dapat Terjadi pada Pria, Kok Bisa?

Kamis, 23 September 2021 | 16:45 WIB

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB
X