Ikan Ini Usir Kolesterol Jahat hingga Diabetes, Murah dan Mudah Didapat!

- Jumat, 30 Juli 2021 | 14:42 WIB
 Ikan nila.
Ikan nila.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi. Ikan ini sangat ideal untuk dibudidayakan karena dapat hidup di tempat yang ramai, cepat berkembang, dan mengonsumsi makanan vegetarian yang murah. Maka itulah harga ikan nila juga lebih terjangkau. Bahkan, budidaya ikan nila yang dinobatkan sebagai yang terbaik juga berasal dari Indonesia, lho.

Apa saja manfaat dari ikan nila?
Saat ini, masih banyak orang terutama di Indonesia yang lebih memilih untuk makan ayam dan daging merah sebagai sumber protein. Padahal, kandungan nutrisi dalam ikan juga tak kalah bermanfaat, malah ikan juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan paling sehat.

Salah satunya termasuk ikan nila. Jika dilihat dari nutrisinya, ikan nila mengandung sekitar 26 gram protein dan 128 kalori di setiap 100 gramnya. Ikan nila juga kaya akan niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium.

Bagi yang sedang menjalani diet, tidak perlu khawatir karena ikan nila hanya mengandung sekitar 3 gram lemak pada setiap penyajiannya. Dikutip dari Hellosehat.com, berikut adalah manfaat berbagai kandungan nutrisi dari ikan nila untuk tubuh:

1. Ikan nila mengandung asam lemak

Ikan nila mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Keduanya memiliki kegunaannya masing-masing untuk tubuh Anda.

Walau tidak setinggi pada ikan salmon, kandungan omega-3 dalam ikan nila tetap lebih unggul dibandingkan pada daging ayam atau sapi. Omega-3 akan mendukung kerja selaput dalam sel tubuh dan berperan penting dalam menjaga kesehatan darah, paru-paru, serta sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, American Heart Association juga menyarankan makan ikan setiap dua kali seminggu untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sedangkan, kandungan omega-6 dalam ikan nila yang tinggi juga berfungsi untuk menjaga kolesterol tetap terkendali. Omega-6 akan mempersiapkan sel-sel otot agar dapat merespons pada insulin dengan lebih baik. Insulin adalah sebuah hormon yang membantu mengubah gula menjadi energi. Hal ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita diabetes.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB

Gejala PMS Dapat Terjadi pada Pria, Kok Bisa?

Kamis, 23 September 2021 | 16:45 WIB

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB
X