Waspada Astenopia, akibat Menatap Layar Selama WFH dan Belajar Online

- Rabu, 28 Juli 2021 | 23:25 WIB
Aktivitas menatap layar elektronik dapat berdampak negatif bagi kesehatan mata, salah satunya Astenopia atau mata lelah.
Aktivitas menatap layar elektronik dapat berdampak negatif bagi kesehatan mata, salah satunya Astenopia atau mata lelah.

CIBIRU, AYOBANDUNG.COM  Aktivitas menatap layar elektronik yang nyaris dilakukan setiap hari ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan mata, salah satunya Astenopia atau mata lelah.

Sialnya, situasi pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk melakukan work from home atau learning from home, yang membuat kita sulit terpisahkan dari layar elektronik.

Kalian mungkin jarang mendengar istilah astenopia. Umumnya, astenopia atau yang disebut juga dengan eye strain dijelaskan sebagai kondisi umum saat mata lelah karena penggunaan yang berlebihan. Paparan sinar biru atau blue light dalam waktu yang lama adalah penyebab umum dari astenopia.

Secara umum, astenopia bukanlah kondisi serius. Seseorang yang mengalami astenopia akan sembuh sendirinya dengan hanya mengistirahatkannya. Namun, astenopia yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan mata minus dan mengganggu penglihatan.

Pada kondisi yang parah, astenopia juga sering disebut Computer Vision Syndrome (CVS), yaitu keluhan mata lelah yang disertai dengan sakit kepala, nyeri leher, bahu dan tangan.

Gejala Astenopia ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada mata, mata kering atau berair, pandangan ganda atau kabur, iritasi, rasa terbakar, hingga vertigo. Di keadaan tertentu astenopia menjadikan penderitanya kesulitan untuk menjaga mata agar tetap terbuka dan fokus pada suatu objek.

Astenopia disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal muncul karena otot mata yang dipaksa untuk bekerja keras tanpa henti hingga akhirnya kehilangan kekuatannya.

Sedangkan faktor ekternal disebabkan oleh beberapa hal, seperti menatap sesuatu di lingkungan yang redup atau gelap, paparan cahaya terang atau silau, dan lampu yang sering berkedip. Selain itu, paparan udara kering yang bergerak seperti kipas angin atau AC juga membuat mata lebih cepat lelah.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menghindari astenopia, berikut beberapa tips untuk mencegah astenopia.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Mata Kedutan, Normal atau Tanda Penyakit Serius?

Selasa, 21 September 2021 | 13:06 WIB

Cara Bedakan Gejala Infeksi Sinus vs Covid-19

Selasa, 21 September 2021 | 12:07 WIB

7 Cara Aman Menghadiri Resepsi Pernikahan

Selasa, 21 September 2021 | 08:33 WIB

Manfaat Dosis Vaksin Booster yang Harus Dipertanyakan

Selasa, 21 September 2021 | 08:22 WIB

Mata Bisa Tunjukan Risiko Demensia, Cek Sekarang!

Selasa, 21 September 2021 | 07:00 WIB

Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah, Bunda Harus Tau!

Senin, 20 September 2021 | 17:55 WIB

Kapan Anak Bisa Lepas Pampers ? Kenali Tanda-tanda Ini

Senin, 20 September 2021 | 15:17 WIB

5 Efek Positif Sering Pijat Telinga Setiap Hari

Senin, 20 September 2021 | 13:40 WIB
X