Buah Ini Taklukan Hipertensi hingga Penyakit Jantung, Mudah Didapat!

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:53 WIB
Jeruk Purut.
Jeruk Purut.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jeruk purut biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Selain membuat masakan menjadi lebih sedap, jeruk purut ternyata menyimpan manfaat kesehatan. Beberapa manfaat ini diperoleh dari kandungan nutrisi dan zat antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Jeruk purut memiliki nama Latin Citrus hystrix. Buah jeruk yang berbentuk bulat, kecil, berwarna hijau tua, dengan kulit tebal ini juga dikenal sebagai jeruk limau atau kaffir lime.

Di Makasar, jeruk purut dikenal dengan nama parale. Orang Ambon menyebutnya sebagai lemon papeda. Sedangkan di Ternate, buah ini dikenal sebagai lemon titigila. Tidak hanya buahnya, daun jeruk purut juga banyak manfaatnya.

Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan
Dikutip dari Alodokter.com, dalam pengobatan tradisional, jeruk purut dimanfaatkan sebagai obat flu, demam, sakit perut, diare, dan hipertensi. Namun secara ilmiah, manfaat jeruk purut untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut masih belum terbukti.

Di sisi lain, jeruk purut mengandung berbagai nutrisi Menurut beberapa penelitian, jeruk purut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Memiliki sifat antibakteri

Minyak esensial jeruk purut terbukti bersifat antibakteri. Minyak ekstrak jeruk purut ini dapat mematikan bakteri E.coli dan Salmonella typhi, yang merupakan penyebab keracunan makanan dan demam tifoid.

2. Mengandung antioksidan

Jeruk purut mengandung flavonoid. Flavonoid serupa dengan antioksidan, yang dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Jumlah flavonoid tersebut paling banyak ditemukan di bagian kulit jeruk.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X