Makanan Ini Usir Kolesterol Jahat hingga Penyakit Jantung, Konsumsi secara Tepat!

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:25 WIB
Granola.
Granola.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Granola adalah salah satu sereal sehat yang kerap dijadikan pilihan untuk sarapan pagi. Tidak hanya karena rasanya yang lezat, banyaknya manfaat granola dan kemudahan penyajiannya membuat makanan ini digemari oleh banyak orang.

Manfaat granola ada berkat beragam nutrisi yang terkandung pada bahan-bahan dasarnya. Isi granola bisa bermacam-macam. Rata-rata granola merupakan campuran dari oats, kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, rempah-rempah, dan pemanis, seperti madu atau gula.

Untuk menu sarapan, granola umumnya disajikan dengan yogurt atau susu rendah lemak. Namun, tidak hanya untuk sarapan, granola juga bisa Anda sajikan dengan es krim sebagai opsi untuk camilan sehat di sore hari.

Kandungan Nutrisi dalam Granola
Dalam 30 gram (± 4 sendok makan granola), kira-kira terdapat 140 kalori. Selain itu, terkandung juga beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Lemak
  • Mineral, seperti mangan, fosfor, magnesium, zinc, kalium, zat besi, dan selenium
  • Vitamin, seperti vitamin E, thiamin, vitamin K, riboflavin, vitamin B6, asam folat

Manfaat Granola bagi Kesehatan
Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari granola:

1. Menjaga kesehatan jantung
Oats merupakan bahan baku granola. Oats mengandung beta glukan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Beta glukan adalah sejenis serat yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dan lemak jahat dalam darah, yaitu dua kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan usus
Bahan-bahan tinggi serat pada granola, seperti oats, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering, dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan cara melancarkan buang air besar dan meningkatkan produksi bakteri sehat pada usus. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, misalnya sembelit dan irritable bowel syndrome.

3. Melawan radikal bebas berlebih
Bahan-bahan seperti parutan kelapa kering, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam granola mengandung banyak nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, misalnya selenium dan vitamin E. Antioksidan ini membantu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh dengan cara menetralkan kadar radikal bebas berlebih.

4. Mengurangi risiko obesitas
Granola umumnya terbuat dari bahan-bahan yang tinggi protein dan serat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Kandungan protein dan serat yang tinggi ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X