Makanan Ini Usir Kolesterol, Hipertensi hingga Diabates, Jarang Disadari!

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:00 WIB
[Ilustrasi] Popcorn; Ada beberapa makanan yang sering ragu-ragu kamu konsumsi karena sering dianggap tidak sehat. Yuk, coba cermati lagi!
[Ilustrasi] Popcorn; Ada beberapa makanan yang sering ragu-ragu kamu konsumsi karena sering dianggap tidak sehat. Yuk, coba cermati lagi!

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tidak perlu merasa bersalah lagi mengonsumsi beberapa makanan yang kamu kira hanya mengandung kalori dan kurang nutrisi di bawah ini. Jika diolah dengan tepat dan dalam kadar sesuai, makanan dan minuman ini ternyata justru menyehatkan.

“Jangan makan alpukat, nanti gemuk.” “Hindari konsumsi daging merah, nanti sakit jantung.” “Jangan makan selai kacang, nanti naik berat badan.” Kamu pasti pernah mendengar setidaknya salah satu kalimat tersebut. Padahal sebenarnya, yang salah bukan makanannya, melainkan bagaimana cara kamu mengolah dan mengonsumsi makanan tersebut.

Cek Lagi Makanan dan Minuman Ini
Dikutip dari Alodokter.com, di bawah ini adalah beberapa makanan yang sering ragu-ragu kamu konsumsi karena sering dianggap tidak sehat. Yuk, coba cermati lagi!

  • Daging merah menurunkan kadar kolesterol jahat

Jika diolah secara sehat, daging merah adalah sumber asam lemak omega-3, protein, vitamin B12, zat besi, seng, dan niacin. Mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam porsi secukupnya juga dapat berperan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Selai kacang menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung

Kamu suka ngemil selai kacang? Tidak perlu terlalu merasa bersalah, karena seporsi selai kacang kebanyakan berupa lemak tidak jenuh yang baik bagi kesehatan dan mengandung kalium.

Bahkan, ada penelitian yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi selai kacang secara teratur lebih tidak berisiko mengalami diabetes tipe 2 dan sakit jantung. Agar lebih sehat, pilih yang tanpa garam ya. Selain itu, konsumsinya tentu tetap harus dibatasi. Dua sendok makan selai kacang saja sudah cukup untuk sehari.

  • Cokelat menurunkan tekanan darah

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung flavonoid yang melindungi tubuh dari kerusakan sel, membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung tertentu. Kandungan gula dalam cokelat hitam juga tidak tinggi. Untuk mendapatkan manfaat cokelat, hindari cokelat yang mengandung gula tinggi ya. Batasi konsumsi cokelat maksimal 30 gram per hari.

  • Pasta sumber karbohidrat sehat

Selain membuatmu kenyang lebih lama, pasta juga rendah garam dan lemak, sehingga menjadikannya sumber karbohidrat yang sehat. Yang membuat pasta menjadi berkalori tinggi adalah bahan-bahan yang dipadukan dengan pasta, contohnya daging dan saus yang tinggi garam. Untuk pilihan lebih sehat, cobalah pasta yang mengandung gandum utuh, dimasak dengan minyak zaitun, dan dipadu dengan sedikit keju Parmesan.

  • Popcorn memiliki banyak kandungan serat

Popcorn adalah camilan gandum utuh yang kaya serat lho. Jika dikonsumsi polos tanpa gula ataupun garam, popcorn bisa menjadi pilihan makanan ringan sehat. Apalagi bahan ini mengandung magnesium, mangan, dan vitamin B yang melidungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit. Kunci utamanya adalah membatasi penggunaan mentega dan garam pada popcorn.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB
X