Buah Ini Usir Diabetes hingga Kanker, Mudah Ditemukan di Pasaran!

- Rabu, 28 Juli 2021 | 14:22 WIB
Buah Duku.
Buah Duku.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Diabetes merupakan sebuah penyakit metabolik, dimana penderitanya memiliki kadar gula yang cukup tinggi yang disebabkan karena produksi insulin yang kurang memadai atau karena sel-sel dalam tubuh tidak respon terhadap insulin, atau bisa juga karena gabungan kedua faktor tersebut, yang mengakibatkan penderita sering buang air kecil, sering merasa lapar dan juga haus.

Ketika seseorang mengalami gangguan diabetes, maka ia akan menemukan berbagai masalah pada makanan maupun minuman yang dikonsumsinya. Ia harus cermat dan selektif dalam memilih setiap jenis makanan dan buah-buahan yang nantinya akan membantu menstabilkan kembali gula darahnya, atau setidaknya tidak menambah kadar gula darah dalam tubuhnya.

Makan makanan yang sehat adalah cara yang efektif untuk menjaga kadar glukosa darah agar tetap seimbang dan terkendali, khusus bagi penderita diabetes ini berarti ia diharuskan makan makanan yang rendah gula, garam dan lemak. Nah salah satu cara menjaga agar gula tidak naik adalah konsumsi buah untuk penderita diabetes yang aman.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Duku 
Banyaknya jenis buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat kesehatan tentunya akan menambah pilihan sebagai camilan sehat, termasuk manfaat buah duku. Dikutip dari berbagai sumber, buah duku berukuran kecil sampai sedang, dengan diameter rata-rata 2 sampai 7 sentimeter dan berbentuk elips atau bulat. Buah-buahan ini sangat mirip kentang kecil dan dikelompokkan dalam kelompok yang mirip dengan anggur.

Buah duku awalnya berwarna hijau kusam yang jika matang berubah menjadi kuning, kuning keemasan atau kuning jingga pucat. Kulitnya yang tebal keras, kasar, dan kecokelatan hingga kuning pucat, memiliki bintik-bintik coklat dan seperti bernoda saat buah matang.

Di bawah permukaan kulitnya, terdapat lapisan putih, kenyal yang mudah dipisahkan dan dikupas, serta dagingnya tebal, putih bening, dan biasanya dibagi menjadi 1-5 segmen. Buahnya terasa berair, empuk, dan lembut dengan tekstur yang mirip dengan anggur, dan dagingnya mungkin tanpa biji atau mengandung sedikit biji yang rasanya pahit jika tergigit.

Buah duku sangat asam saat belum matang. Namun jika telah matang, buah duku akan terasa rasa asam dengan dominan manis. Buah duku akan terasa segar jika langsung dimakan saat matang, atau bisa juga diolah menjadi permen, diawetkan dalam sirup, dan diolah menjadi anggur. Ada dua varietas buah duku yang berbeda, yakni:

  • L. domesticum var. pubescens. Ini adalah duku liar khas yang terlihat seperti pohon yang agak ramping, terbuka dengan cabang berbulu dan hampir bulat, buah-buahan berkulit tebal memiliki banyak getah susu.
  • Var. domesticum. Ini yang merupakan pohon yang lebih kuat, bagian atasnya lebar dan berdaun lebat dengan selebaran yang berurat mencolok; buahnya, yang terbawa sedikit ke dalam satu kelompok, berbentuk lonjong bulat telur atau elipsoid, dengan kulit tipis kecoklatan, hanya sedikit aromatik dan mengandung sedikit atau tidak ada getah susu.
  • Bukan Cuma buahnya, ternyata beberapa bagaian lain dari duku bisa digunakan untuk menunjang kesehatan. Misalnya bisa melawan diare dan kejang usus. Kulit keringnya juga digunakan untuk pengobatan diare, malaria, dan demam.

Kulit kayunya adalah tapal pada sengatan kalajengking. Rebusannya juga dapat digunakan untuk disentri dan malaria. Kulit kering dibakar untuk mengusir nyamuk seperti nyamuk aides aegepty. Beberapa di antaranya akan dijelaskan dalam manfaat buah duku untuk kesehatan di bawah ini.

Seperti buah-buahan lain, tentunya akan ada manfaat buah duku untuk kesehatan yang bisa dirasakan.Mulai dari penyakit ringan, hingga penyakit berat, di antaranya:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X