Daun Ini Sembuhkan Luka hingga Diabetes, Bisa Jadi Campuran Makanan!

- Rabu, 28 Juli 2021 | 13:29 WIB
Daun Sage.
Daun Sage.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Manfaat daun sage bagi kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Berkat kandungan nutrisinya, daun ini bahkan sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional di Eropa, Afrika, dan Amerika. Untuk mengetahui lebih jauh manfaat daun sage, mari simak artikel berikut ini.

Daun sage umumnya dimanfaatkan sebagai bahan masakan karena aromanya yang kuat dan khas. Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, daun herbal yang masih satu keluarga dengan daun mint ini juga mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan.

Ekstrak daun sage pun bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi serta bahan campuran dalam produk sabun dan kosmetik.

Kandungan Vitamin dan Mineral Daun Sage
Dalam satu sendok makan atau sekitar 2 gram daun sage, terdapat 6 kalori dan berbagai nutrisi berikut:

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan folat
  • Mineral, seperti zinc, fosfor, kalium, selenium, magnesium, kalsium, zat besi, dan mangan

Daun sage pun mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Berbagai jenis antioksidan yang terkandung di dalam daun sage adalah lutein, zeaxanthin, polifenol, dan flavonoid. Selain berbagai nutrisi di atas, daun sage juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antinyeri.

Berbagai Manfaat Daun sage bagi Kesehatan
Dikutip dari Alodokter.om, berkat berbagai kandungan nutrisi dan zat di dalamnya, daun sage dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Selain vitamin dan mineral yang telah disebutkan, daun sage juga mengandung zat yang bersifat antimikroba dan dapat mencegah timbulnya plak gigi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan obat kumur berbahan dasar daun sage mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu, daun sage juga dipercaya dapat mengobati infeksi tenggorokan, infeksi gusi, dan sariawan.

2. Menurunkan kadar gula darah
Manfaat lain dari daun sage adalah menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat daun sage ini bahkan disebut hampir mirip dengan hormon insulin yang berfungsi untuk mengatur gula darah. Selain itu, teh daun sage diyakini dapat mencegah dan mengobati diabetes tipe 2.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X