Nyeri Sendi, Asam Urat, hingga Kanker Lenyap dengan Bahan Ini, Tidak Pernah Terduga!

- Selasa, 27 Juli 2021 | 15:34 WIB
[Ilustrasi] Sarsaparilla; Meski telah lama dinikmati sebagai minuman ringan, sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum mengetahui manfaat sarsaparilla. Tanaman yang ekstraknya juga kerap digunakan sebagai perasa pada permen ini dipercaya dapat mencegah atau bahkan mengobati berbagai masalah kesehatan.
[Ilustrasi] Sarsaparilla; Meski telah lama dinikmati sebagai minuman ringan, sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum mengetahui manfaat sarsaparilla. Tanaman yang ekstraknya juga kerap digunakan sebagai perasa pada permen ini dipercaya dapat mencegah atau bahkan mengobati berbagai masalah kesehatan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meski telah lama dinikmati sebagai minuman ringan, sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum mengetahui manfaat sarsaparilla. Tanaman yang ekstraknya juga kerap digunakan sebagai perasa pada permen ini dipercaya dapat mencegah atau bahkan mengobati berbagai masalah kesehatan.

Sarsaparilla (Smilar ornata) merupakan tanaman tropis yang berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia, seperti Jamaika dan Honduras.

Akar tanaman sarsaparilla telah dimanfaatkan selama berabad-abad oleh masyarakat setempat untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga masalah sendi. Di Indonesia sendiri, tanaman sarsaparilla juga telah lama dibudidayakan di berbagai daerah, terutama Pulau Jawa.

Manfaat Sarsaparilla untuk Kesehatan Tubuh
Tanaman sarsaparilla mengandung berbagai zat kimia, seperti saponin dan fitosterol, yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antinyeri. Tanaman ini juga sudah digunakan sejak dahulu sebagai obat herba tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat sarsaparilla bagi kesehatan tubuh, jika digunakan sebagai obat herba:

1. Mencegah kanker
Sarsaparilla mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan menangkal efek radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak sarsaparilla dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, sejauh ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan efek samping manfaat sarparilla sebagai pencegah kanker.

2. Meredakan gejala psoriasis
Salah satu manfaat sarsaparilla adalah untuk mengobati penyakit kulit, seperti psoriasis. Suatu riset menyebutkan bahwa ekstrak sarsaparilla mengandung zat astilbin dan saponin yang memiliki sifat antiradang dan memiliki efek yang hampir serupa dengan obat kortikosteroid.

Zat tersebut dapat mengurangi peradangan di kulit, sehingga dapat membantu meredakan gejala psoriasis, seperti kulit mengelupas, gatal, dan bersisik.

3. Memperlambat penuaan
Tak hanya menghilangkan psoriasis, sarsaparilla yang mengandung antioksidan juga terlihat dapat memperlambat proses penuaan kulit secara signifikan. Ekstrak akar sarsaparilla diketahui dapat merangsang produksi kolagen di kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X