Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Isolasi Mandiri, Anti Ribet!

- Selasa, 27 Juli 2021 | 10:39 WIB
[Ilustrasi] Isolasi Mandiri.
[Ilustrasi] Isolasi Mandiri.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Saat menjalani isolasi mandiri di rumah, Anda perlu meningkatkan sistem imun agar dapat segera pulih. Ada banyak cara meningkatkan imunitas selama menjalani isolasi mandiri, mulai dari mengonsumsi makanan sehat hingga mengonsumsi bahan herbal.

Kasus COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan, terutama setelah virus Corona varian Delta masuk ke Indonesia. Masyarakat akhirnya disarankan untuk memperketat protokol kesehatan dan sebisa mungkin menghindari aktivitas di luar rumah, kecuali memang ada kepentingan yang mendesak.

Di tengah pertambahan kasus, minat masyakarat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 juga meningkat, dan ini tentu saja membawa dampak yang baik. Pasalnya, meski tidak bisa mencegah seseorang tertular COVID-19, pemberian vaksin COVID-19 terbukti efektif untuk mencegah munculnya gejala yang berat akibat penyakit ini.

Sementara itu, orang yang sedang terinfeksi COVID-19 dan mengalami gejala ringan atau tanpa gejala disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. Isolasi mandiri dilakukan selama 10−14 hari sejak dinyatakan positif melalui tes PCR maupun rapid test antigen atau setelah melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi COVID-19.

Selama menjalani isolasi mandiri, Anda harus menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar cepat pulih.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Isolasi Mandiri
Dikutip dari Alodokter.com, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh selama menjalani isolasi mandiri, di antaranya:

1. Konsumsi makanan bergizi
Selama menjalani isolasi mandiri, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, telur, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Ini penting untuk diperhatikan, karena untuk membentuk imun yang kuat dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

2. Minum air putih yang cukup
Anda juga perlu mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas setiap hari untuk mempercepat proses pemulihan. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih yang cukup, tubuh akan lebih fit dan terhindar dari dehidrasi.

3. Hindari atau kelola stres
Stres berlebihan bisa membuat imunitas tubuh menjadi lemah. Oleh karena itu,  Anda harus mengelola stres dengan baik selama menjalani isolasi mandiri.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah, Bunda Harus Tau!

Senin, 20 September 2021 | 17:55 WIB

Kapan Anak Bisa Lepas Pampers ? Kenali Tanda-tanda Ini

Senin, 20 September 2021 | 15:17 WIB

5 Efek Positif Sering Pijat Telinga Setiap Hari

Senin, 20 September 2021 | 13:40 WIB

Virus Epstein-Barr Picu Risiko Long Covid-19, Kok Bisa?

Senin, 20 September 2021 | 12:20 WIB

Perbedaan Sakit Tenggorokan Akibat Flu vs Covid-19

Senin, 20 September 2021 | 07:29 WIB

5 Asupan ini Harus Dihindari Saat Perut Kosong

Senin, 20 September 2021 | 07:04 WIB

6 Bahan Dapur untuk Turunkan Berat Badan

Sabtu, 18 September 2021 | 15:00 WIB

Mimpi Basah Jarang Terjadi Setelah Menikah

Jumat, 17 September 2021 | 22:10 WIB
X