Fakta Anosmia dan Cara Memulihkan Penciuman akibat Covid-19

- Senin, 26 Juli 2021 | 22:00 WIB
Ilustrasi seseorang terkena anosmia. 
Ilustrasi seseorang terkena anosmia. 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Berbagai gejala yang dirasakan oleh pasien yang positif Covid-19 seperti yang sudah kita ketahui adalah demam, lemas maupun hilangnya nafsu makan karena fungsi penciuman terganggu karena virus tersebut.

Gangguan penciuman tersebut dinamakan anosmia atau keadaan di mana hidung seseorang tidak bisa mencium bau sesuatu.

Mengutip dari jurnal Anosmia pada COVID-19: Studi Neurobiologi yang ditulis oleh Dwi Martha Nur Aditya, anosmia bisa menyebabkan depresi karena seseorang yang mengalaminya tidak bisa mencium bau dan merasakan makanan yang dimakannya.

Walhasil, rata-rata pengidap anosmia kehilangan nafsu makanannya untuk beberapa waktu. Padahal, pada pasien covid-19, asupan makanan yang banyak dan bergizi sangat dibutuhkan untuk mengembalikan imunitas tubuhnya.

Oleh karena itu, penting bagi pasien Covid-19 untuk menuntut dirinya bisa makan di samping kondisi indra penciumannya tidak bisa menikmati harum makanan yang dimakan. Pasien Covid-19 harus mampu menerapkan manajemen makan agar kondisinya bisa segera pulih seperti sedia kala.

Berikut tips yang sudah dirangkum oleh Ayobandung.com untuk mengembalikan nafsu makan di saat terserang anosmia, di antaranya:

Konsultasi Kepada Dokter

Sebelum mendiagnosis sendiri tingkat parah atau tidaknya anosmia yang dialami, maka bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Mengutip dari Healthline, terdapat 4 jenis tes dalam menangani anosmia. Keempat tes tersebut antara lain CT scans (melihat keadaan otak secara detail lewat X-rays), MRI scans (melihat keadaan otak lewat sinyal radio dan magnet), X-ray (pada tulang tengkorak), dan Nasal endoscopy (melihat kondisi di dalam hidung).

Melatih Penciuman

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB
X