Daun Ini Obat Diabetes hingga Hipertensi, Konsumsi Tepat!

- Senin, 26 Juli 2021 | 10:42 WIB
Meniran hijau.
Meniran hijau.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meniran hijau diyakini bermanfaat untuk membantu mengatasi batu ginjal. Meniran hijau juga dipercaya memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang.

Meniran adalah tumbuhan yang sudah sejak lama digunakan sebagai ramuan obat. Salah satu jenis meniran yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit adalah meniran hijau (Phyllantus niruri).

Selain untuk mengatasi batu ginjal, meniran hijau juga dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan nyeri, membantu mengobati diabetes, malaria, dan hepatitis B. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Merek dagang meniran hijau: Dehaf, Fitangin, Formuno, Glomune, Hepacomb,  Imudator, Imunogard, Phyllanthus, Recurma Plus, Renatin, Resikda, Stimuno

-

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Meniran Hijau:

  • Jangan menggunakan meniran hijau jika Anda memiliki alergi terhadap produk yang mengandung meniran hijau.
  • Beri tahu dokter riwayat penyakit Anda, terutama jika Anda pernah menderita diabetes atau gangguan pembekuan darah.
  • Jangan menggunakan meniran hijau jika Anda berencana menjalani operasi dalam 2 minggu ke depan.
  • Beri tahu dokter obat-obatan, suplemen atau obat herbal yang sedang Anda gunakan, terutama jika Anda sedang menggunakan lithium, obat diabetes, obat diuretik, obat antikoagulan, dan obat hipertensi.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat setelah mengonsumsi meniran hijau atau produk yang mengandung meniran hijau.

Dosis dan Aturan Pakai Meniran Hijau
Hingga saat ini, belum ada data atau penelitian yang cukup tentang dosis meniran hijau yang tepat. Beberapa penelitian menyebutkan, dosis meniran hijau bagi orang dewasa berkisar antara 900–2.700 mg per hari. Namun, ada juga yang menyebutkan dosis rata-rata meniran hijau adalah 500 mg kapsul per hari (maksimal 4 kali sehari).

Penting untuk diingat, bukti mengenai keamanan dan efektivitas obat herbal masih sangat sedikit. Selain itu, dosis obat herbal perlu disesuaikan dengan usia, berat badan, dan kondisi kesehatan Anda. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis yang tepat dan aman bagi Anda.

Meniran Hijau untuk Anak
Sama seperti pada orang dewasa, data atau penelitian yang cukup mengenai dosis meniran hijau untuk anak juga belum tersedia. Oleh karena itu, jangan memberikan produk yang mengandung meniran hijau kepada anak-anak, kecuali telah berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Cara Menggunakan Meniran Hijau dengan Benar
Bacalah petunjuk pada kemasan sebelum Anda mulai mengonsumsi produk yang mengandung meniran hijau dan pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB
X