Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh meski Sudah Divaksin Covid-19

- Senin, 26 Juli 2021 | 10:29 WIB
Vaksin Covid-19.
Vaksin Covid-19.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penting bagi kita untuk selalu menjaga daya tahan tubuh tubuh tetap kuat, meski sudah mendapatkan vaksin COVID-19. Pasalnya, sistem imunitas tubuh yang kuat dapat mendukung pembentukan reaksi kekebalan tubuh terhadap virus Corona setelah vaksinasi.

Saat ini pendistribusian vaksin COVID-19 ke seluruh masyarakat Indonesia masih terus berlangsung demi memenuhi target 1 juta dosis per hari. Pemberian vaksin ini merupakan salah satu solusi untuk menekan penyebaran infeksi virus Corona di Indonesia, apalagi sekarang sudah ditemukan beberapa varian baru virus Corona, seperti varian Alfa dan Delta.

Pentingnya Menjaga Imunitas Sebelum dan Sesudah Vaksinasi COVID-19
Pemberian vaksin COVID-19 berperan penting dalam membantu tubuh kita membentuk perlindungan terhadap virus Corona. Namun, proses tersebut butuh waktu dan tidak langsung jadi begitu saja setelah vaksinasi.

Biasanya tubuh memerlukan waktu sekitar 2 minggu setelah divaksinasi penuh (dua dosis) untuk membentuk perlindungan terhadap virus penyebab COVID-19. Hal ini berarti bahwa seseorang masih mungkin untuk terinfeksi virus Corona, bahkan sesaat setelah vaksinasi.

Di sinilah pentingnya untuk selalu menjaga imunitas tubuh, baik sebelum maupun sesudah vaksinasi COVID-19.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari bakteri, virus, parasit, atau jamur penyebab penyakit. Jika sistem imunitas tubuh lemah, tubuh tidak akan mampu untuk melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit, termasuk virus Corona.

Proses pembentukan kekebalan tubuh setelah vaksinasi kadang bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti nyeri di sekitar lokasi suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, demam, dan mual.

Efek samping tersebut merupakan hal yang normal terjadi dan menandakan bahwa tubuh sedang membangun perlindungan terhadap virus Corona. Efek samping vaksin COVID-19 biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

Berbagai Cara Mempertahankan Sistem Imunitas Tubuh
Dikutip dari Alodokter.com, berikut adalah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Mengintip Selera Musik Psikopat, Apakah Sama denganmu?

Jumat, 24 September 2021 | 15:33 WIB

Sakit Dada Saat Bangun Tidur, Pertanda Penyakit Jantung?

Jumat, 24 September 2021 | 15:09 WIB

7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB

Ramuan Herbal Diabetes, Bahannya Mudah Didapat!

Jumat, 24 September 2021 | 09:27 WIB

Beruban di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Jumat, 24 September 2021 | 08:43 WIB

Gejala PMS Dapat Terjadi pada Pria, Kok Bisa?

Kamis, 23 September 2021 | 16:45 WIB

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB
X