4 Tips Atasi Jerawat Akibat PCOS

- Minggu, 25 Juli 2021 | 09:26 WIB
4 Tips Atasi Jerawat Akibat PCOS.
4 Tips Atasi Jerawat Akibat PCOS.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS">PCOS merupakan salah satu masalah umum yang mempengaruhi wanita di seluruh dunia. PCOS">PCOS adalah gangguan hormonal dan reproduksi yang kompleks. 

Selain berpengaruh pada kesehatan reproduksi wanita, PCOS">PCOS juga menimbulkan efek samping hormonal yang bervariasi. Wanita dengan PCOS">PCOS dapat mengalami kista ovarium, penambahan berat badan, siklus menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut yang berlebihan di wajah, dada dan bagian tubuh lainnya, bahkan kemandulan.

Salah satu efek samping umum yang belum banyak dibicarakan adalah jerawat.

Dr Ruchi Srivastava, ginekolog senior, Rumah Sakit Sharda, mengatakan, bukti telah menunjukkan sekitar 30% wanita dengan PCOS">PCOS mengalami jerawat

Dr Srivastava menyebutkan ada dua alasan yang memungkinkan munculnya jerawat hormonal. Penyebabnya seperti hiperandrogenisme yaitu peningkatan hormon pria. Kedua, adalah peningkatan peradangan umum.

“Meskipun PCOS">PCOS adalah masalah seumur hidup, itu dapat diobati dengan modifikasi gaya hidup seperti olahraga teratur dan kebiasaan makan yang sehat,” kata Dr Srivastava.

Dia turut menyarankan sejumlah cara untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat. Berikut beberapa tips yang disarankan, seperti dikutip Republika dari Indian Express, Sabtu, 24 Juli 2021.

1. Turunkan berat badan

Sekitar empat hingga lima kilogram pengurangan berat badan dapat memperbaiki 50% masalah yang berkaitan dengan PCOS">PCOS.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X