Buah Ini Usir Hipertensi hingga Penyakit Kronis, Banyak Dijual dan Murah!

- Jumat, 23 Juli 2021 | 13:56 WIB
Buah kelengkeng.
Buah kelengkeng.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kelengkeng merupakan (Dimocarpus longan) buah tropis lezat yang biasa dijual di pasaran dengan harga tergolong murah. Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus dan antibakteri yang berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Buah kelengkeng adalah buah berdaging kecil berbentuk bulat berwarna putih dengan kulit berwarna kuning kecoklatan yang tumbuh berkelompok bergantungan. Buahnya terasa agak manis dan berair dan memiliki kesamaan dengan buah leci.

Saat buah kelengkeng matang, lapisan luar kulitnya membentuk cangkang yang mengeras yang dapat dengan mudah terkelupas saat memakannya. Sebelum memakan buahnya, bijinya harus dibuang.

Namun begitu, biji buahnya juga kini mulai populer sebagai makanan kesehatan karena mengandung asam galat (GA) dan asam ellagic (EA), yang merupakan senyawa fenolik yang diturunkan dari tumbuhan.

Buah kelengkeng dimakan dalam bentuk segar, kering dan kalengan. Buahnya juga digunakan untuk tujuan pengobatan; telah digunakan dalam pengobatan tradisional di Asia, berkat nilai gizinya.

Dikutip dari Suara.com -- jaringan Ayobandung.com, berikut beragam khasiat buah kelengkeng yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (9/12/2020), di antaranya yakni:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah kelengkeng merupakan sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang larut dalam air yang berperan besar dalam memperkuat kekebalan dan menangkal penyakit. Vitamin C memiliki kemampuan ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas

2. Melindungi dari penyakit kronis

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X