Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung pada Masa Pandemi

- Kamis, 22 Juli 2021 | 18:00 WIB
Faktor yang menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah lazimnya ialah kolesterol dan merokok.
Faktor yang menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah lazimnya ialah kolesterol dan merokok.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pandemi memang menyulitkan kita untuk keluar rumah dan mencari rumah sakit yang masih tersedia ruangannya. Ini menimbulkan kekhawatiran bagi kesehatan kita agar tidak mudah sakit, karena mencari rumah sakit yang bisa menampung saja sudah kesulitan.

Pola hidup pada masa pandemi juga mesti berubah. Seperti kemudahan memesan makanan online, sedikit banyak berpengaruh membuat kita cukup kesulitan untuk memilih makanan yang sehat secara leluasa.

Buruknya, salah satu penyakit yang disebabkan oleh makanan yang tidak teratur ialah penyakit jantung koroner.

Dalam tubuh kita, pembuluh darah koroner berfungsi untuk memberikan makanan dan suplai untuk otot-otot jantung. Jika pembuluh darah ini bermasalah, akan bermasalah juga pada fungsi jantung.

Jika ditelisik dari penyebabnya, faktor yang menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah lazimnya ialah kolesterol dan merokok.

Biasanya, gejala dari serangan jantung salah satunya nyeri dada. Misalnya pada saat beraktivitas akan terasa nyeri di dada, sementara pada saat beristirahat tidak terasa nyeri. 

"Kasus yang lebih parah apabila nyeri di dada sama sekali tidak hilang walaupun beristirahat. Pasien diharapkan langsung datang ke rumah sakit walaupun gejalanya masih kecil," ujar Dini Rostiati sebagai Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah.

Sikap yang dapat mencegah terjadinya serangan jantung ialah mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan merokok. Kemudian, mencegah dan mengobati penyakit hipertensi, kencing manis, diabetes, dan obesitas.

Selain itu, tindakan yang bisa dilakukan salah satunya adalah banyak bergerak atau melakukan aktivitas olahraga. Misalkan melakukan aerobik di rumah atau melakukan olahraga taici yang merupakan gerakan lembut dan ringan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X