Makanan Ini Usir Hipertensi hingga Kanker, Bisa Jadi Menu Harian!

- Kamis, 22 Juli 2021 | 11:51 WIB
[Ilustrasi] olahan berbahan Scallop.
[Ilustrasi] olahan berbahan Scallop.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meski jarang ada dalam hidangan sehari-hari, manfaat dan kandungan nutrisi scallop untuk kesehatan tubuh tak perlu diragukan. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja manfaat scallop dan bagaimana cara mengolahnya menjadi masakan yang lezat dan sehat.

Scallop merupakan hewan laut sejenis kerang yang cukup populer di kalangan pecinta makanan laut. Meski harganya terbilang mahal, manfaat scallop yang bisa didapatkan dari kandungan nutrisinya sangatlah banyak. Ditambah lagi, scallop juga memiliki rasa yang gurih dan manis, serta tekstur yang lembut seperti mentega.

Beragam Manfaat Scallop untuk Kesehatan
Kekayaan nutrisi scallop tidak kalah dengan makanan laut lainnya. Dalam 1 porsinya (3 buah scallop) terdapat kurang dari 100 kalori dan 20 gram protein.

Selain itu, scallop juga mengandung vitamin B12, asam lemak omega-3, serta berbagai mineral yang diperlukan tubuh, seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zinc, dan selenium.

Dikutip dari Alodokter.com -- jaringan Ayobandung.com, berkat kandungan nutrisi yang melimpah tersebut, scallop dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Membantu menurunkan berat badan
Scallop termasuk makanan yang rendah kalori dan tinggi protein sehingga sangat pas untuk dimasukkan ke dalam menu diet sehat Anda.

Faktanya, mengurangi total asupan kalori harian dengan meningkatkan protein adalah salah satu cara sederhana yang efektif untuk menurunkan berat badan. Ditambah lagi, scallop termasuk ke dalam sumber protein berkualitas tinggi, bahkan lebih baik dari protein salmon dan daging ayam.

2. Meningkatkan fungsi otak
Kandungan vitamin B12, zinc, dan asam lemak omega 3 yang cukup banyak dalam scallop memainkan peran penting untuk menjaga fungsi normal otak, meningkatkan perkembangan sistem saraf, dan mengurangi risiko terjadinya gangguan mental, seperti penyakit Alzheimer dan depresi.

Memenuhi asupan nutrisi tersebut juga sangat penting bagi ibu hamil untuk mendukung perkembangan otak bayi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB

Sering Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebabnya

Kamis, 25 November 2021 | 16:21 WIB
X