Kulit Buah Ini Obat Sakit Kepala hingga Kanker, Jarang Disadari!

- Rabu, 21 Juli 2021 | 12:22 WIB
Kulit Pisang.
Kulit Pisang.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tak hanya buahnya, ternyata ada banyak nutrisi dan manfaat kulit pisang yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui lebih jauh apa saja manfaat kulit pisang, simak artikel berikut ini.

Saat makan pisang, kebanyakan orang akan membuang kulitnya karena dianggap tidak bermanfaat. Sejauh ini, manfaat kulit pisang mungkin hanya sebatas limbah organik untuk pupuk.

Namun, tahukah Anda? Kulit pisang juga bisa dikonsumsi seperti buahnya dan bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi pada Kulit Pisang
Kandungan nutrisi kulit pisang umumnya tidak jauh berbeda dengan buahnya. Berikut ini adalah berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit pisang:

  • Serat
  • Vitamin, termasuk vitamin B6 dan vitamin B12
  • Mineral, berupa magnesium dan kalium
  • Lemak tak jenuh
  • Asam amino esensial

Tak hanya itu, kulit pisang juga mengandung banyak antioksidan, seperti fenolik, flavonoid, tanin, karotenoid dan polifenol. Kulit pisang juga diketahui mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antimikroba yang efektif mampu melawan bakteri, jamur, dan ragi.

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan
Mengingat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang cukup banyak, kulit pisang menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat kulit pisang untuk kesehatan:

1. Merawat kulit wajah
Ada banyak manfaat kulit pisang untuk kesehatan kulit wajah, mulai dari mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, meredakan mata bengkak, melembapkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, mengatasi psoriasis, hingga menghilangkan kutil.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan kulit pisang pada wajah atau area wajah tertentu yang dibutuhkan. Meski khasiat ini belum diuji secara klinis, kandungan senyawa yang bersifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi di dalam kulit pisang terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

2. Menjaga kesehatan rambut
Kulit pisang juga dipercaya dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan pada kulit pisang berperan penting dalam mencegah kerusakan rambut akibat radikal bebas, sehingga rambut tetap sehat dan kuat.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X