Orang dengan Penyakit Kronis Wajib Waspada dengan Daging Hewan Kurban

- Selasa, 20 Juli 2021 | 20:15 WIB
Ilustrasi warga saat akan menyembelih hewan kurban.
Ilustrasi warga saat akan menyembelih hewan kurban.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Saat momen Iduladha, kiriman daging dari hasil hewan kurban biasanya berdatangan ke rumah kita.

Tak pelak, keluarga kita di rumah pun jadi lebih sering mengonsumsi daging, biasanya selama hampir seminggu lamanya (atau bahkan lebih lama).

Tetapi, para ahli kesehatan mengingatkan, khususnya pada orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi, untuk membatasi asupan daging kurban saat Iduladha.

Ahli endokrinologi Turki Mustafa Altay, seperti dikutip dari Anadolu Agency, mengatakan, asupan daging yang utamanya dibatasi, yakni yang berlemak. Hal senada diungkapkan pakar endokrinologi di Istanbul, Turki, Safiye Arik.

Menurut dia, daging berlemak mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol (jahat) yang tinggi.

"Orang dengan penyakit kronis, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, harus mengonsumsi daging secara terbatas karena daging berlemak mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi," kata dia.

Arik menambahkan penyandang diabetes perlu menghindari makanan penutup seperti jus buah manis. Sebaiknya, pilihlah makanan penutup yang tidak terlalu manis, seperti susu dan makanan alami.

Ahli bedah jantung Gokce Sirin mengingatkan kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk obesitas, diabetes, tekanan darah dan penyakit kardiovaskular. "Makan yang tidak teratur dapat mengancam jiwa orang-orang dengan masalah berat badan dan jantung, tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan gastroenterologis," kata Sirin.

Jadi, jika Anda memiliki riwayat  penyakit seperti disebutkan di atas, sebaiknya lebih berhati-hati mengonsumsi daging hewan kurban. Kendalikan diri saat mengonsumsinya, agar tidak sampai mendapatkan dampak buruk.  [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Mengenal Fobia dan Jenis-Jenisnya

Rabu, 8 Desember 2021 | 18:04 WIB

Diabetes Pada Anak dan Berbagai Penyebabnya

Rabu, 8 Desember 2021 | 17:52 WIB

8 Penyebab Darah Rendah, Kenali Cara Mengatasinya

Rabu, 8 Desember 2021 | 17:10 WIB

12 Manfaat Vitamin B Complex untuk Kesehatan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:00 WIB

Cara Memperbesar Penis yang Ampuh, Dijamin Berhasil

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:31 WIB
X