Daun Ini Obat Rematik sampai Diabetes, Ampuh dan Mudah Ditemukan!

- Selasa, 20 Juli 2021 | 13:50 WIB
Daun Sirih Merah.
Daun Sirih Merah.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan sudah diketahui sejak dahulu kala. Berkat manfaatnya ini, daun sirih merah digunakan secara turun-temurun di Indonesia sebagai salah satu obat tradisional untuk menangani sejumlah masalah kesehatan.

Di Indonesia, daun sirih merah (Piper crocatum) biasanya dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya atau dikunyah langsung. Selain itu, ada juga suplemen yang dibuat dari ekstrak daun sirih merah.

Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan
Anda bisa mendapatkan manfaat daun sirih merah berkat beragam senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid, fenol, alkaloid, polifenolat, tanin, saponin, dan senyawa minyak atsiri. Dikutip dari Alodokter.com, berikut adalah beragam manfaat daun sirih merah bagi kesehatan:

1. Mempercepat penyembuhan luka
Sirih merah mengandung senyawa saponin. Sifat antiseptik yang dimiliki senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka terbuka.

Selain itu, senyawa tanin di dalam daun sirih merah juga dapat memicu terbentuknya kolagen (protein yang memberi tekstur elastis pada kulit). Kolagen dapat membuat tepi luka untuk menyusut dan menutup. Dengan begitu, luka bisa sembuh dengan lebih cepat.

2. Mencegah infeksi bakteri
Mencegah infeksi bakteri juga merupakan manfaat daun sirih merah lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa fenol dan flavonoid dalam daun sirih merah memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus, yang dapat menyebabkan infeksi methicillin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA).

3. Mengobati rheumatoid arthritis
Penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirih merah memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis atau salah satu penyakit autoimun yang menyerang persendian, yang biasa dikenal dengan istilah rematik.

Pasalnya, berbagai senyawa di dalam daun sirih merah, seperti flavonoid dan fenol memiliki sifat antiinflamasi, yang bermanfaat unuk meredakan peradangan akibat penyakit rematik.

4. Melawan radikal bebas
Kandungan flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid dalam daun sirih merah memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X