Jangan Sembarang Beli Obat, Kenali Jenis dan Golongannya

- Senin, 19 Juli 2021 | 11:05 WIB
Jangan Sembarang Beli Obat, Kenali Jenis dan Golongannya
Jangan Sembarang Beli Obat, Kenali Jenis dan Golongannya

Lengkong, Ayobandung.com - Tahukah kamu kalau ternyata obat-obatan yang selama ini beredar di pasaran terbagi menjadi beberapa golongan yang jika tidak dikonsumsi sesuai anjuran malah dapat berbahaya ?

Menurut UU No 36 tahun 2009, obat memiliki definisi sebagai campuran bahan, baik itu biologi maupun sintetis, yang digunakan untuk mencegah, menyembuhkan, memulihkan dan meningkatkan kesehatan manusia. Setiap obat yang dibuat memiliki tujuan agar dapat mendatangkan manfaat, meski pada beberapa obat perlu dibarengi dengan beberapa efek khusus.

Untuk menghindari kesalahan penggunaan obat yang dapat memicu hal berbahaya, maka Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan aturan untuk menggolongkan obat-obat menjadi beberapa golongan.

Berikut adalah 4 golongan obat berdasarkan jenisnya :

1. Obat bebas

-

Obat bebas adalah golongan obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter. Pada kemasan obat, biasanya jenis ini akan ditandai dengan simbol lingkaran hijau dengan garis tepi berwarna hitam. 

Umumnya, obat jenis ini dapat dibeli dimana pun baik itu di apotek maupun di warung kelontong. Namun meski berlabel aman, obat jenis ini tetap tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan karena tetap memiliki kandungan kimia yang dapat berbahaya bagi tubuh. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi gejala dari penyakit ringan seperti sakit kepala atau pegal-pegal. Contoh dari obat ini adalah paracetamol, multivitamin dan antasida.

2. Obat bebas terbatas

-

Obat berikutnya adalah obat bebas terbatas. Hampir sama dengan obat bebas, obat bebas terbatas dapat dibeli tanpa resep dokter meski terhitung sebagai obat keras. Namun penggunanya harus dicermati karena dapat berbahaya bagi sebagian penyakit tertentu. Obat jenis ini ditandai pada kemasan dengan lingkaran berwarna biru dan garis tepi berwarna hitam.

Karena hampir masuk kedalam obat keras, konsumen harus benar-benar mencermati cara penggunaan dan efek samping yang dapat ditimbulkan. Beberapa obat dari golongan ini adalah ctm, trementa, teofilin dan lactobion

3. Obat keras

-

Halaman:

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

Positif Covid-19 Setelah Vaksin, Kok Bisa?

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:48 WIB

Apakah Asma Menular? Yuk, Cek Faktanya

Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:12 WIB

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB
X