Kolesterol Dianggap Membahayakan Tubuh, Bagaimana Fakta Sebenarnya Mengenai Kolesterol ?

- Senin, 19 Juli 2021 | 09:23 WIB
Kolesterol Dianggap Membahayakan Tubuh, Bagaimana Fakta Sebenarnya ?
Kolesterol Dianggap Membahayakan Tubuh, Bagaimana Fakta Sebenarnya ?

Lengkong, Ayobandung.com - Acap kali kita temukan dalam berita kalau kolesterol adalah penyebab utama dari banyaknya angka yang meninggal karena penyakit berbahaya, mulai dari tekanan darah tinggi, stroke hingga serangan jantung. Maka tak heran kalau kita beranggapan kalau kolestrol hanyalah sumber masalah yang menggerogoti tubuh. Namun, benarkah demikian apakah kolestrol benar-benar tidak memiliki manfaat apapun ?

Faktanya, kolesterol adalah salah satu zat yang sangat penting dan amat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam jumlah yang cukup, kolesterol dapat membantu dalam mengolah berbagai protein yang dibutuhkan. Lantas, apa sebenarnya kolesterol itu ?

Kolesterol adalah lemak dalam tubuh yang serupa dengan lilin dan diproduksi oleh organ hati. Sebenarnya jumlah kolesterol yang cukup tidak akan berbahaya, malah akan bermanfaat bagi tubuh. Fungsi kolesterol bagi tubuh diantaranya :

  1. Membentuk dan merawat sel-sel didalam tubuh
  2. Bahan baku dalam membuat hormon kebahagiaan, seperti testosteron, estrogen dan progesteron
  3. Membantu hati dalam membuat cairan empedu
  4. Membantu tubuh membuat Vitamin D

Sebagai makhluk hidup, tubuh manusia normal secara alami sudah memproduksi kolesterol yang digunakan oleh tubuh dalam batas yang dibutuhkan dengan sendirinya. Sayangnya, kolesterol juga banyak dimiliki oleh makanan-minuman yang manusia konsumsi, seperti susu, telur, dan daging yang sebentar lagi akan banyak kita nikmati dalam memperingati hari raya idul adha. Kelebihan kadar kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh.

Jenis Kolesterol Dalam Tubuh

Di dalam tubuh, kolesterol akan beredar bersama dengan protein melalui darah. Gabungan dari keduanya kemudian disebut dengan lipoprotein. Setelah mengetahui fungsi dari kolesterol, kita jadi mengetahui kalau kolesterol juga dapat bermanfaat bagi tubuh. Karena itu, kolesterol dibagi menjadi dua jenis.

1. High-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik

Lipoprotein jenis ini bergerak di dalam arteri manusia dengan membawa lemak-lemak yang sudah tidak dibutuhkan lagi ke hati untuk diproses agar bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Karena kandungan proteinnya yang lebih tinggi dibanding lemak, membuat lemak jenis ini tidak berbahaya dan justru dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular

2. Low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat

Lipoprotein jenis inilah yang biasa kita kenal sebagai pembawa masalah bagi tubuh. Berbanding terbalik dengan hdl, ldl membawa lemak-lemak untuk diedarkan keseluruh tubuh. Karena kandungan lemak yang lebih tinggi dibanding, lemak seringkali jatuh dan tertimbun di aliran darah. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan

Halaman:

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X