Rutin Konsumsi Ramuan Temulawak, Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

- Kamis, 15 Juli 2021 | 19:50 WIB
Temulawak merupakan salah satu obat herbal yang dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh juga mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari mengatasi jerawat hingga lever.
Temulawak merupakan salah satu obat herbal yang dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh juga mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari mengatasi jerawat hingga lever.

ANDIR, AYOBANDUNG.COMSejak pandemi, masyarakat Indonesia mulai kalap berburu obat-obat herbal seperti jahe, madu, dan lainnya.

Mereka percaya, dengan rutin mengonsumsi makanan atau minuman herbal mampu menjaga ketahanan tubuh dari serangan ganasnya virus Covid-19.

Kondisi ini membuat toko herbal yang sudah lebih dari dua puluh tahun di Bandung, yaitu toko Babah Kuya tidak pernah sepi pelanggan. Setiap harinya, masyarakat sekitar Bandung berburu obat-obat herbal ke toko yang terletak di kawasan Pasar Baru, Jalan Pasar Barat, Andir, Kota Bandung itu.

Berbagai jenis dan macam obat herbal ada di sana, mulai dari temulawak hingga sambiloto, masih berbentuk asli hingga bubuk atau ekstrak, atau herbal impor maupun asli Indonesia.

Dari sekian banyak herbal yang dimiliki, Hendra, pemilik sekaligus penerus kelima dari toko Babah Kuya merekomendasikan jenis ramuan yang bisa dikonsumsi setiap hari, guna menjaga daya tahan tubuh saat pandemi.

Hendra merekomendasikan masyarakat untuk mengonsumsi secara rutin ramuan atau jamu berbahan dasar temulawak. Selain murah dan mudah dibuat, ramuan temulawak juga memiliki rasa yang ringan bagi para pemula untuk mulai rutin mengonsumsi makanan atau minuman herbal.

Temulawak, rasanya nggak terlalu pahit, tapi efeknya enak. Makan enak, tenaga gede, lambung nyaman, liver sehat,” terang Hendra saat ditemui di toko herbal Babah Kuya yang tidak pernah sepi pelanggan ini, pada Kami, 14 Juli 2021.

Temulawak kering yang sudah dipotong menjadi bagian yang lebih kecil disimpan begitu saja di salah satu meja toko. Selain harganya murah, menurut Hendra temulawak juga awet karena bisa digunakan sebanyak tiga kali.

“Murah lagi, itu satu ons Rp15 ribu. Itu kepakenya lumayan, bisa sepuluh hari, bisa direbus tiga kali dan sedikit-sedikit,” tutur Hendra.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X