Sedang Menurunkan Berat Badan? Melangkahlah Sebanyak Ini

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 07:15 WIB
 Para peneliti menyebut bahwa olahraga di sore hari membawa manfaat besar bagi penurunan berat badan.
Para peneliti menyebut bahwa olahraga di sore hari membawa manfaat besar bagi penurunan berat badan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan memilih aktivitas jalan kaki untuk mencapai targetnya. Latihan fisik ini mudah dilakukan dan diklaim jadi salah satu cara terbaik untuk mengendalikan bobot.
 
Dilansir dari Republika.co.id, para ahli pun mengonfirmasi bahwa berjalan kaki adalah aktivitas sempurna untuk memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Terutama, jika seseorang tidak suka melakukan olahraga berat.
 
Meskipun, seberapa cepat proses menurunkan berat badan untuk setiap orang bisa berbeda dan bergantung pada banyak faktor. Hal yang berpengaruh termasuk usia, jenis kelamin, tinggi badan, komposisi genetik, dan gaya hidup.

Namun, berjalan kaki tetap dapat membantu siapa pun membakar lebih banyak kalori dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Lantas, berapa jumlah langkah ideal harian yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan?

10.000 Langkah

Menurut ahli kebugaran dan sejumlah penelitian kredibel, idealnya seseorang perlu berjalan kaki sedikitnya 10.000 langkah per hari untuk tujuan tersebut. Pelatih personal Ashlee Van Buskirk mengatakan, bisa juga mencapai 12.500 langkah per hari.  

"Berjalanlah dengan kecepatan sedang. Aktivitas harian yang dipasangkan dengan diet padat nutrisi akan membuat Anda siap untuk kesuksesan berkelanjutan dalam perjalanan penurunan berat badan," kata Buskirk. Selain makan sehat, dia juga menyarankan aktivitas dibarengi dengan menjaga kualitas tidur.

Sebuah studi pada 2016 mengungkap hal serupa. Penelitian melibatkan 35 orang dewasa yang kelebihan berat badan sebagai peserta, yang diminta mengikuti program berjalan berbasis pedometer selama 12 pekan.  

Para peneliti mengukur dan mencatat berbagai informasi. Mulai dari suasana hati peserta, indeks massa tubuh, lingkar pinggang, persentase lemak tubuh, dan massa tubuh tanpa lemak sebelum dan sesudah intervensi 12 pekan tersebut.

Jumlah langkah yang diambil setiap orang per hari dicatat lima hari sepekan dalam jurnal.  Hasilnya menunjukkan, peserta yang berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari memiliki persentase berat badan, BMI, dan lemak tubuh yang lebih rendah pada akhir program.  

Tidak hanya itu, mereka juga menunjukkan massa tubuh tanpa lemak yang lebih tinggi dan peningkatan kesehatan mental yang baik. Mereka lebih sedikit mengidap depresi, kelelahan, kebingungan, dan gangguan suasana hati.

Setara 5 Mil

Buskirk memaparkan, berjalan 10.000 langkah setara dengan jalan kaki delapan kilometer atau  lima mil. Kesannya memang jauh dan berat, tetapi langkah-langkah itu tidak harus dikhususkan dalam rute tertentu.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X