6 Kesalahan Saat Sarapan yang Tidak Boleh Dilakukan

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 06:48 WIB
Sarapan.
Sarapan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan ketika sarapan. Hal tersebut tentu bisa merugikan tubuh.

Memilih menu sarapan yang kurang tepat juga bisa melenceng dari tujuan penurunan berat badan. Berikut enam kesalahan umum yang sebaiknya dihindari, dikutip dari Republika.co.id:

1. Makan gorengan

Menu sosis, telur, dan daging asap lazim dijumpai saat sarapan. Padahal, makanan yang digoreng dengan minyak itu penuh dengan lemak jenuh, banyak kalori, dan cepat membuat tubuh merasa lesu. Apalagi, makan daging olahan dalam jumlah besar bisa memicu masalah kesehatan.

Daging asap dan sosis yang digoreng, misalnya, penuh dengan garam yang kurang baik untuk tekanan darah, sehingga tidak dianjurkan menjadikannya menu sarapan setiap pagi.

2. Terlalu banyak gula

Menyantap croissant, sereal, atau roti panggang saat sarapan memang lezat, tetapi tidak akan berpengaruh apapun untuk mengecilkan ukuran pinggang. Itu karena deretan makanan tersebut tinggi gula. Ahli gizi Inggris Rob Hobson sangat tidak menyarankannya.

Pimpinan kepala perusahaan suplemen kesehatan Healthspan itu menjelaskan, makanan demikian malah meningkatkan risiko penambahan berat badan. "Jika Anda mengalami lonjakan gula yang diikuti dengan penurunan gula, Anda mungkin lebih ingin menyantap makanan manis lagi," ujarnya.

3. Makan sambil jalan

Menyantap sarapan sambil berjalan ke tempat kerja merupakan kesalahan besar. Hobson mengatakan, makan sambil berjalan membuat seseorang tidak fokus dan berisiko mengalami gangguan pencernaan. "Jika tidak punya waktu di pagi hari, pergi ke ruang istirahat untuk sarapan. Kita semua punya waktu sekitar sepuluh menit untuk duduk," tuturnya.

4. Menunggu sampai kelaparan

Menurut Hobson, pola makan orang berbeda-beda. Ada yang biasa sarapan, tidak suka sarapan, atau baru makan di tengah hari hingga pukul delapan malam. Semua itu tidak masalah selama ada energi dalam tubuh untuk dibagi. Akan tetapi, saran darinya tidak menunggu sampai perut benar-benar kelaparan. Alasannya, kebiasaan itu bisa membuat seseorang mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

5. Terlalu banyak kalori

Ahli fisiologi olahraga dan ahli gizi olahraga di Sheffield Hallam, Mayur Ranchordas, mengingatkan pentingnya memperhatikan asupan kalori saat sarapan. Jangan sampai menyantap sarapan dengan jumlah kalori berlebihan, apalagi banyak kalori tapi tidak ada nilai gizi.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB
X