3 Cara Alami Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi, Dijamin Efektif

- Rabu, 7 Juli 2021 | 10:20 WIB
[Ilustrasi] Berdasarkan sampel pemeriksaannya, secara umum ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dalam tubuh.
[Ilustrasi] Berdasarkan sampel pemeriksaannya, secara umum ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dalam tubuh.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mencegah dan menurunkan kadar asam urat tinggi bisa dilakukan secara alami asalkan disiplin. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Adapun asam urat dimaksudkan sebagai produk limbah, yang akan dikeluarkan melalui urine.

Tapi jika asam urat dalam darah tidak disaring, dan menimbulkan kadar asam urat tinggi atau hiperurisemia, hal ini dapat menyebabkan pembentukan kristal. Pada akhirnya ketika kristal mengendap di sendi akan mengakibatkan penyakit asam urat. Bagi wanita, kadar asam urat normal harus di bawah 6 mg/dL, sementara pria harus di bawah 7 mg/dL.

Berikut beberapa cara terbaik untuk menurunkan kadar asam urat tinggi secara alami, dilansir dari Insider melalui Suara.com:

1. Konsumsi lebih banyak vitamin C

Beberapa peneliti menemukan vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Dalam sebuah studi 2005 yang terbit dalam Arthritis & Rheumatism menunjukkan peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin C 500 mg setiap hari selama dua bulan memiliki kadar asam urat yang jauh lebih rendah. Namun, hal ini tidak berefek sama pada orang yang sudah menderita penyakit asam urat.

Saat tubuh memecah fruktosa, gula alami dalam minuman ini menghasilkan purin, yang kemudian membentuk asam urat.

2. Batasi alkohol dan minuman manis

Alkohol meningkatkan purin dalam darah. Bir mengandung purin paling banyak, sedangkan anggur paling sedikit. Minuman ringan yang mengandung gula juga dikaitkan dengan peningkatan kadar asam urat.

3. Makan makanan yang mengandung sedikit purin

Purin adalah bahan kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan juga ditemukan dalam makanan tertentu.

"Kebanyakan orang makan lebih banyak (purin) daripada yang mereka kira," kata Dr. Monya De , seorang internis di Los Angeles.

Berikut makanan dengan kadar purin tinggi:

  • Daging organ dalam, seperti hati atau ginjal.
  • Kerang dan ikan berminyak, seperti teri dan tuna.
  • Sayuran, termasuk asparagus, jamur, dan bayam.

Sedangkan makanan di bawah ini memiliki kadar purin rendah:

  • Kacang dan selai kacang.
  • Telur.
  • Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak, termasuk keju, susu, dan yogurt.
  • Buah Ceri.

Secara keseluruhan, mengamati apa yang dimakan dan menjaga berat badan dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Namun, bagi sebagian orang, hal itu mungkin tidak cukup. Beberapa orang harus minum obat yang dapat mengurangi kadar asam urat.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X