Tanaman Ini Obat Nyeri Sendi hingga Diabetes, Bukan Jamu Biasa!

- Sabtu, 3 Juli 2021 | 11:35 WIB
Kayu Secang.
Kayu Secang.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Manfaat kayu secang sebagai salah satu obat tradisional sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu ini tidak hanya dapat menghangatkan tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kayu secang (Caesalpinia sappan) sudah lama diolah sebagai bahan minuman herbal yang dicampur aneka rempah atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh. Batang kayu secang terlebih dahulu diserut dan dijemur agar dapat digunakan sebagai bahan minuman.

Umumnya, minuman berbahan serutan kayu secang dinikmati dengan cara diseduh menggunakan air hangat. Kayu secang juga tersedia dalam bentuk ekstrak atau suplemen.

Berbagai Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan
Beragam senyawa yang terdapat pada kayu secang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi peradangan dan nyeri
Kayu secang memiliki kandungan senyawa yang dapat meredakan peradangan. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk meredakan nyeri, misalnya karena radang sendi dan nyeri otot.

Meski demikian, efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat herba untuk mengatasi penyakit akibat peradangan masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Membasmi bakteri
Salah satu manfaat kayu secang adalah untuk membasmi dan mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan senyawa antibakteri pada kayu secang diketahui dapat membasmi bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri Salmonella, Streptococcus, dan E. coli.

3. Mengatasi jerawat
Salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes dan peradangan di kulit. Kayu secang mengandung senyawa brazilin yang bersifat antibakteri, sehingga dianggap dapat mengobati jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kayu secang juga mengandung zat yang bersifat antiinflamasi atau antiradang sehingga dapat mengobati jerawat. Untuk mendapatkan manfaat kayu secang ini, Anda bisa menggunakan rendaman air secang untuk membasuh wajah yang sedang berjerawat.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X