Manfaat Jahe Merah, Obat Reumatik Hingga Tingkatkan Gairah Seks

- Rabu, 30 Juni 2021 | 12:53 WIB
Permintaan jahe merah meningkat 138 persen pada Januari hingga Agustus 2020
Permintaan jahe merah meningkat 138 persen pada Januari hingga Agustus 2020

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jahe adalah salah satu tanaman obat yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia dan memiliki banyak manfaat. Tanaman rhizoma (rimpang) ini sudah malang melintang digunakan sebagai campuran jamu tradisional penuh manfaat dan bumbu rempah bagi makanan lokal. Salah satu manfaatnya yang sudah terbukti hingga digunakan di industri obat-obatan modern adalah khasiatnya yang mampu membuat tubuh menjadi hangat setelah dikonsumsi.

Namun, apakah anda tahu kalau jahe yang selama ini kita kenal sebenarnya memiliki banyak jenis ? Beberapa jenis tersebut bahkan memiliki khasiat yang lebih manjur dibanding jahe jenis lainnya. Salah satu jenis jahe tersebut adalah jahe merah.

Jahe merah (Zingiber Officinale Var. Rubrum) adalah salah satu varian jahe yang menurut sebagian masyarakat memiliki rasa yang lebih pedas dibanding jahe kebanyakan. Sesuai namanya, jahe merah memiliki permukaan kulit yang berwarna merah sehingga tidak sulit untuk dibedakan dengan jenis jahe lainnya. Bagian daging pun berwarna kuning kemerahan dengan ukuran yang cenderung lebih kecil dari jenis jahe kebanyakan.

Berikut adalah manfaat jahe merah yang boleh jadi belum kamu tahu :

1. Menjaga daya tahan tubuh

Sebagai salah satu bahan dasar membuat jamu, jahe merah juga memiliki banyak vitamin c yang baik untuk tubuh. Vitamin c adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Sayangnya, tubuh tidak mampu memproduksi ataupun menyimpan vitamin c dalam jumlah banyak untuk waktu yang lama. Karena itu, mengkonsumsi jahe merah setiap hari dapat bermanfaat bagi tubuh dalam memperkuat sistem imun. Jahe merah juga mengandung shogaols, zingerones dan gingerols yang berfungsi sebagai antioksidan

2. Meningkatkan gairah seksual

Salah satu manfaat jahe merah yang telah dipercaya oleh masyarakat sejak dahulu adalah khasiatnya yang mampu meningkatkan gairah seksual. Hal ini karena jahe merah memiliki kandungan afrodisiak, jenis zat kimia yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi aliran darah didalam tubuh. Jahe merah juga diketahui memiliki aktivitas androgenik yang berguna untuk meningkatkan jumlah hormon testosteron dan dapat meningkatkan kesuburan pria.

Dari banyaknya manfaat yang dimiliki, jahe merah sendiri mempunyai kelemahan yang lumayan pelik. Jahe merah tidak dapat bertahan lama apabila disimpan dengan cara biasa didalam suhu normal, apalagi ketika dipanen ketika masih muda. Karena itu, jahe emrah terbaik adalah jahe merah yang dipanen ketika tidak terlalu mudah ataupun sudah terlalu tua.

Agar lebih tahan lama, sebaiknya jahe merah disimpan di lemari pendingin agar tetap segar ketika hendak diolah. Ciri jahe merah yang masih bagus adalah memiliki tekstur yang halus dan kulit yang mengkilap.Beruntungnya sekarang ini sudah ada banyak olahan jahe merah instan yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, mulai dari minuman atau dalam bentuk bubuk.

3. Efektif meredakan sakit tenggorokan

Jahe merah memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Flavonoid sendiri adalah zat yang memiliki sifat anti peradangan. Karenanya, mengkonsumsi jahe merah bermanfaat untuk meredakan segala jenis sakit yang menyerang tenggorokan, terutama radang tenggorokan. Kandungan ini juga membuat jahe merah ampuh untuk meredakan gejala batuk.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB
X