Dokter Ungkap Tips Isolasi Mandiri di Rumah

- Selasa, 29 Juni 2021 | 23:33 WIB
Solidaritas Warga Bantu Pasien Isoman di RW 11 Dago.
Solidaritas Warga Bantu Pasien Isoman di RW 11 Dago.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kasus Covid-19 yang melonjak di berbagai daerah menjadikan jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan terus bertambah. Hal tersebut menjadikan bed pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit mulai penuh. 

Oleh karenanya, orang yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala yang ringan atau tanpa gejala diharapkan dapat melakukan isolasi mandiri. Terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk melakuka isolasi mandiri di rumah masing-masing. 

"Orang yang Covid-19 tidak harus selalu dirawat di rumah sakit apalagi tanpa gejala atau (gejala) ringan. Isolasi mandiri bisa dilakukan di rumah," ungkap Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, dr. Yana Akhmad Supriatna belum lama ini.

Dia mengatakan, ruangan yang ideal untuk dipakai untuk isolasi mandiri di rumah adalah ruangan yang terpisah atau tidak banyak kontak dengan orang lain di rumah. Selain itu, ruangan tersebut juga sebisa mungkin harus memiliki ventilasi yang baik.

Selama di rumah, orang yang mengidap Covid-19 sebaiknya tidak berkutat dengan terlalu banyak pikiran dan mengusahakan kegiatan-kegiatan yang bersifat rekreatif.

"Selama di rumah usahakan harus relaksasi, duduk santai, bayangkan hal-hal yang menyenangkan. Tarik napas, kemudian lepaskan, hilangkan beban pikiran," ungkapnya.

Orang yang tengah isolasi mandiri, dia mengatakan, juga diimbau untuk senantiasa tidur dengan cukup dan tidak bergadang. Setip harinya, olahraga harus diupayakan.

"Olahraga minimal setengah jam, kemudian lakukan kegiatan yang menyenangkan. Tarik napas 20 kali, coba syukuri nikmat yang ada. Jangan lupa juga berdoa, dan tumbuhkan rasa ikhlas juga sabar dalam menghapi Covid-19," ungkapnya.

Dia juga megimbau agar orang yang melakukan isolasi mandiri untuk senantiasa memantau kondisinya. Baik dari suhu tubuh, pernapasan, saturasi oksigen, dan sebagainya. 

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Mata Kedutan, Normal atau Tanda Penyakit Serius?

Selasa, 21 September 2021 | 13:06 WIB

Cara Bedakan Gejala Infeksi Sinus vs Covid-19

Selasa, 21 September 2021 | 12:07 WIB

7 Cara Aman Menghadiri Resepsi Pernikahan

Selasa, 21 September 2021 | 08:33 WIB

Manfaat Dosis Vaksin Booster yang Harus Dipertanyakan

Selasa, 21 September 2021 | 08:22 WIB

Mata Bisa Tunjukan Risiko Demensia, Cek Sekarang!

Selasa, 21 September 2021 | 07:00 WIB

Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah, Bunda Harus Tau!

Senin, 20 September 2021 | 17:55 WIB

Kapan Anak Bisa Lepas Pampers ? Kenali Tanda-tanda Ini

Senin, 20 September 2021 | 15:17 WIB

5 Efek Positif Sering Pijat Telinga Setiap Hari

Senin, 20 September 2021 | 13:40 WIB
X