Bisa Meledak! Jangan Tinggalkan Hand Sanitizer di Dalam Mobil

- Sabtu, 26 Juni 2021 | 19:15 WIB
Ilustrasi hand sanitizer.
Ilustrasi hand sanitizer.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Hand Sanitizer menjadi salah satu 'alat perang' yang wajib dibawa dalam menjaga protokol kesehatan.

Namun, penggunaan cairan pembersih sepertinya harus lebih berhati-hati bagi pengendara mobil. Dalam sebuah penelitian, benda satu ini punya dampak buruk jika ditinggal di dalam mobil.

Lembaga riset asal Inggris, NHS, mengungkapkan cairan pembersih dapat menyebabkan kebakaran, karena akan mudah terbakar dalam kondisi panas jika ada percikan api.

Dikutip dari Mirror oleh Suara.com, ketika cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol disimpan dalam suhu panas. Cairan akan melepaskan uap yang dapat dengan mudah terbakar.

Cairan pembersih tangan memiliki titik nyala pada suhu terendah, karena bisa melepaskan uap ke udara di suhu sekitar 21-24 derajat Celcius.

Namun uap yang terlepas ke udara hanya bisa dinyalakan oleh percikan api. Artinya jika terjadi masalah kelistrikan pada mobil dapat menyebabkan kebakaran.

Jadi meski tergolong aman jika tidak ada penyulut kebakaran. Sebaiknya cairan apa pun yang mengandung alkohol tidak ditinggal di dalam mobil yang sedang parkir.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X