Perhatikan! Ini Hal yang Dilakukan Jika Anggota Keluarga Tertular Covid-19

- Jumat, 25 Juni 2021 | 15:32 WIB
Ilustrasi -- sakit tenggorokan.
Ilustrasi -- sakit tenggorokan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Covid-19 varian delta sudah masuk ke Indonesia, termasuk ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Karena mutasi genetik yang berbahaya ini mengharuskan kita menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan lebih baik dan ekstra.

Tidak cuma untuk diri sendiri, protokol kesehatan juga berguna bagi yang lainnya terutama untuk keluarga anda dirumah. Apa yang harus dilakukan jika salah satu anggota keluarga kita tertular covid-19 ?

1. Jangan Panik

Jika salah satu keluarga anda tertular covid-19, hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah jangan panik. Karena jika anda panik maka akan memperburuk suasana. Tetap tenang dan hadapi bahwa covid-19 bisa dihindari oleh anda dan anggota keluarga yang lainnya.

2. Lapor Pada Perangkat Desa Setempat

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melaporkan kejadian ini pada perangkat desa setempat. Ini berguna sebagai langkah antisipasi dan preventif kasus selanjutnya. Setelah anda melaporkan pada perangkat desa setempat seperti RT atau RW, biasanya ada saran yang harus diikuti seperti swab test, isolasi atau dirujuk ke rumah sakit atau faskes terdekat. Ikuti semua arahannya dengan baik. Jika area rumah harus dilakukan penyemprotan maka pastikan itu dilakukan.

3. Siapkan Ruangan Isolasi dan Penuhi Kebutuhannya Dengan Baik

Jika keluarga anda yang tertular covid-19 bisa melakukan isolasi dirumah, siapkan 1 ruangan khusus dengan ventilasi yang baik. Pisahkan pasien dengan anggota keluarga lainnya. Siapkan pakaian, obat, hingga keperluan lainnya berada dalam jangkauan pasien untuk mempermudah pasien dalam menggunakannya. Jika anggota keluarga harus isolasi di fasilitas kesehatan, siapkan semua perlengkapannya mulai dari pakaian, alat mandi, hingga obat-obatan lain jika ada. Berikan makanan dan vitamin yang cukup serta pastikan semua kebutuhannya terpenuhi.

4. Lakukan Tracing Dengan Cara Antigen atau PCR

Untuk memastikan tidak ada kasus lainnya dirumah anda diharuskan melakukan tracing dengan melakukan Antigen atau PCR. Asumsikan anda sehat dan tidak tertular sehingga anda bisa merawat anggota keluarga anda yang positif dirumah.  5. Tetap Berkomunikasi Dengan Baik

Untuk mempercepat penyembuhan, pasien covid-19 tidak boleh stres serta tertekan. Maka dari itu hubungi anggota keluarga anda via Whatsapp atau aplikasi chat lainnya. Gunakan teknologi untuk menjenguk dia lewat video call. Hibur anggota keluarga anda dan pastikan bahwa ia merasa tidak ditinggalkan.

5. Lapor Pada Perangkat Desa Jika Sudah Sembuh Dan Tetap Isolasi Mandiri

Jika anggota keluarga sudah sembuh dari covid-19, lapor pada perangkat desa untuk update laporan kasus. Tetap lakukan isolasi mandiri selama 1 minggu untuk memastikan tidak ada virus yang tersisa.

Itulah langkah tepat jika ada salah satu anggota keluarga anda yang tertular covid-19. Tetap lakukan protokol kesehatan 5M agar anda dan keluarga tetap terjaga kesehatannya.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X