Buah Unik Ini Obat Manis dan Sehat untuk Penderita Diabetes, Super Berkhasiat!

- Jumat, 25 Juni 2021 | 14:23 WIB
Miracle Fruit.
Miracle Fruit.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Miracle fruit atau buah ajaib sedang populer dibicarakan banyak orang. Hal ini karena miracle fruit memiliki kemampuan unik, yaitu bisa mengubah rasa makanan apa pun menjadi manis. Mengapa bisa demikian? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Miracle fruit (Synsepalum dulcificum) merupakan tanaman asli Afrika Barat yang masih tergolong satu keluarga dengan buah sawo. Miracle fruit memiliki bentuk yang lonjong dengan panjang 2–3 cm menyerupai buah melinjo atau buah kopi. Ketika sudah matang, miracle fruit akan berwarna merah.

Keunikan Miracle Fruit yang Bisa Mengubah Rasa

Miracle fruit sebenarnya memiliki rasa yang hambar. Lalu bagaimana buah ini bisa mengubah rasa apa pun menjadi manis? Setelah diteliti, perubahan rasa manis ini berasal dari molekul protein yang disebut mirakulin.

Mirakulin adalah sejenis protein yang dapat terikat pada sel-sel lidah dan mengubah strukturnya. Perubahan ini menyebabkan lidah menciptakan sensasi rasa manis, bahkan ketika yang menempel padanya adalah makanan asam atau pahit.

Proses pengikatan protein yang mengubah rasa menjadi manis ini akan berlangsung sekitar 15–60 menit hingga akhirnya mirakulin tersebut hilang dengan sendirinya.

Ragam Manfaat Miracle Fruit untuk Kesehatan
Dikutip dari Alodokter.com, berkat kemampuannya yang unik dalam mengubah rasa, miracle fruit sering kali digunakan sebagai pemanis alami yang rendah kalori. Namun, tak hanya sampai di situ, ada juga beberapa manfaat miracle fruit lainnya yang bisa kita peroleh, yaitu:

1. Menurunkan risiko diabetes
Miracle fruit sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu, miracle fruit juga dapat membantu penderita diabetes memuaskan keinginannya terhadap makanan manis tanpa harus mengonsumsi makanan tinggi gula yang tidak baik untuknya.

Tak hanya itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa miracle fruit dapat mencegah resistensi insulin pada pola makan yang tinggi gula sehingga bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Meski begitu, penelitian ini baru dilakukan pada hewan, sehingga efektivitasnya pada manusia masih perlu diteliti.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X