Jangan Lupa Sarapan kalau Tak Ingin Terkena Penyakit Ini

- Jumat, 25 Juni 2021 | 10:51 WIB
Sarapan.
Sarapan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Padatnya aktivitas di pagi hari mungkin membuatmu sering mengabaikan sarapan. Jika terus dilakukan, hal ini bisa mengganggu kesehatan. Sering melewatkan sarapan bahkan dapat meningkatkan risiko terjadinya beberapa penyakit lho. Mau tahu apa saja penyakitnya? Simak ulasan berikut.

Ketika bangun tidur, kadar gula darah dalam tubuhmu cenderung rendah. Padahal gula darah ini dibutuhkan oleh otot dan otak agar bisa bekerja dengan baik. Nah, sarapan di pagi hari bisa membantu memulihkan kadar gula darah tubuh.

Jika tidak sarapan, kamu bisa menjadi kurang berenergi. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan adanya peningkatan risiko penyakit tertentu pada orang-orang yang sering melewatkan sarapan.

Penyakit akibat Sering Tidak Sarapan
Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa mengintaimu jika sering melupakan sarapan:

Tekanan darah tinggi dan stroke
Orang yang melewatkan sarapan berisiko terkena tekanan darah tinggi dan kenaikan kadar kolesterol. Tak hanya itu, sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa rutin sarapan bisa mencegah penyakit stroke, terutama yang disebabkan oleh perdarahan pada otak.

Diabetes tipe 2
Pasien diabetes tipe 2 tidak dianjurkan untuk melewatkan sarapan karena dapat mengacaukan kadar gula darahnya sepanjang hari.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bila pasien diabetes melewatkan sarapan, kadar gula darah saat makan siang bisa naik hingga 37 persen dibandingkan jika dia rutin makan di pagi hari. Mereka yang rutin sarapan dengan mengonsumsi makanan sehat pun dikatakan memiliki kadar gula darah yang lebih stabil, sehingga dapat terhindar dari diabetes tipe 2.

Agar gula darah tubuh tetap stabil, penderita diabetes disarankan untuk sarapan dengan makanan yang kaya akan kandungan serat, protein, dan lemak sehat.

Obesitas alias kegemukan
Bila kamu berniat untuk menurunkan berat badan, caranya bukan dengan melewatkan sarapan yah. Melewatkan sarapan justru bisa meningkatkan risiko terkena obesitas.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X