Banyak Diabaikan, Ini Tanda Awal Terkena Parkinson

- Rabu, 23 Juni 2021 | 15:01 WIB
[Ilustrasi] Penting untuk mengetahui sinyal pertama parkinson sehingga diagnosis dapat dibuat dan pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin.
[Ilustrasi] Penting untuk mengetahui sinyal pertama parkinson sehingga diagnosis dapat dibuat dan pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seperti banyak kondisi progresif, penyakit parkinson mungkin memiliki gejala yang samar pada awalnya. Parkinson adalah gangguan otak dan sistem saraf pusat yang dapat mengganggu gerakan dan bicara.

Penting untuk mengetahui sinyal pertama parkinson sehingga diagnosis dapat dibuat dan pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin. Kuncinya adalah mencari gejala dalam kombinasi.

Ada sejumlah tanda awal parkinson. "Meskipun Anda tidak perlu khawatir jika memiliki salah satu dari gejala ini saja, Yayasan Parkinson merekomendasikan untuk menemui dokter jika mengalami lebih dari satu gejala," kata kepala petugas ilmiah dari Yayasan Parkinson, James Beck, dilansir di Eat This, Not That!, Rabu (23/6).

Berikut beberapa gejalanya: 

1. Getaran
Beberapa orang dengan parkinson mengalami tremor atau gemetar. Awalnya, sering muncul di jari, tangan, atau dagu saat sedang beristirahat. Pada orang dengan parkinson, sel-sel otak yang menghasilkan bahan kimia alami yang disebut dopamin dihancurkan. Itu bisa menghasilkan tremor dan gejala lainnya.

2. Perubahan tulisan tangan
Beck menjelaskan micrographia adalah istilah ketika tulisan tangan menjadi lebih kecil atau lebih rapat. Itu bisa menjadi tanda parkinson, tetapi juga bisa karena sebab lain.

"Sementara micrographia (tulisan tangan kecil) adalah gejala parkinson, perubahan tulisan tangan juga bisa disebabkan oleh tangan kaku akibat radang sendi atau penglihatan yang buruk seiring bertambahnya usia," ujar Beck.

Jika melihat kondisi itu dalam kombinasi dengan gejala lain dalam daftar ini, Beck menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Hilangnya indra penciuman
Gejala yang sekarang terkenal ini mungkin merupakan tanda Covid-19, pilek, atau flu, tetapi juga bisa menjadi gejala parkinson. Jika mengalami kehilangan penciuman, segera lakukan tes virus corona. Jika tidak, tanyakan kepada dokter apakah Anda harus diskrining untuk parkinson?

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X