Sayuran Ini Ampuh Turunkan Gula Darah dengan Cepat, Baik untuk Penderita Diabetes!

- Selasa, 22 Juni 2021 | 16:13 WIB
Lobak.
Lobak.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki bentuk menyerupai wortel dan berwarna putih maupun kemerahan. Sayuran yang kerap dijadikan campuran dalam pembuatan salad ini, ternyata memiliki segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Lalu, manfaat lobak apa saja yang bisa Anda peroleh?

Sayuran yang memiliki ukuran, warna, dan rasa beragam ini, bisa dikonsumsi secara matang atau mentah. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap digunakan sebagai obat-obatan tradisonal, seperti sakit tenggorokan, demam, dan peradangan.

Lobak sendiri memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram lobak terdapat 16 kalori, 3,4 gram karbohidrat, 1,6 gram serat, dan 0,1 gram lemak. Selain itu, lobak juga mengandung antioksidan, vitamin serta mineral, antara lain vitamin B kompleks, folat, vitamin C, kalsium, mangan, potasium (kalium), magnesium, zat besi, dan fosfor meski dalam jumlah yang sedikit.

Apa Saja Manfaat Lobak bagi Kesehatan?
Dikutip dari Alodokter.com, begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi lobak berkat nutrisinya yang berlimpah. Beberapa manfaat lobak, meliputi:

Melancarkan sistem pencernaan
Lobak merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan serat. Oleh karenanya, mengonsumsi lobak secara rutin dapat menyehatkan sistem pencernaan, melancarkan buang air besar (BAB), dan mencegah sembelit.

Membantu menurunkan berat badan
Selain baik untuk sistem pencernaan, ternyata lobak juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan serat di dalam lobak yang membuat Anda cepat merasa kenyang, sehingga mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi. Manfaat lobak yang satu ini juga diperoleh dari kandungan kalori dalam lobak yang rendah.

Baik untuk penderita diabetes
Indeks glikemik (IG) yang dimiliki lobak tergolong kecil, sehingga sayuran ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tidak membuat kadar gula darah naik. Selain itu, lobak juga mengandung zat antosianin, yaitu sejenis antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang disebabkan oleh diabetes. Meski begitu, penelitian ini masih sebatas uji coba terhadap hewan, belum terhadap manusia.

Menghambat pertumbuhan sel kanker
Tidak sekedar mengandung antosianin saja, sayuran lobak juga memiliki kandungan zat isothiocyanate yang berguna untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan zat isothioocyanate bermanfaat untuk mematikan beberapa sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

Memiliki sifat antijamur
Manfaat lobak tidak berhenti sampai disitu, lobak sendiri diketahui memiliki kandungan protein antijamur alami yang bermanfaat untuk mematikan jamur Candida albicans, yaitu jamur penyebab munculnya sariawan, infeksi jamur vagina, dan kandidiasis kulit.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB
X