5 Buah yang Aman Untuk Penderita Diabetes

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 17:34 WIB
Apel adalah salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.
Apel adalah salah satu buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang menyehatkan, tak terkecuali bagi penderita diabetes. Terdapat sejumlah jenis buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Dilansir dari Alodokter, Sabtu 18 Juni 2021 rasa manis dan unsur glukosa di dalam buah-buahan berasal dari gula alami dan mempunyai indeks glikemik yang rendah.  Indeks glikemik merupakan indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Selain itu, buah layak dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung berbagai zat gizi, seperti vitamin, mineral, dan serat alami yang berperan penting bagi metabolisme tubuh. Buah merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik secara kuantitas dibandingkan sayuran. 

Keunggulan lainnya adalah rendahnya lemak dan natrium yang dikandung buah-buahan. Walau terdapat satu pengecualian, yaitu pada buah alpukat, karena buah ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. 

5 Daftar Buah yang Aman untuk Diabetes 

1. Apel 

Pepatah kuno yang menyatakan bahwa konsumsi satu apel tiap hari dapat menjauhkan seseorang dari dokter, ternyata bukan tanpa alasan. Rendah kalori dan karbohidrat, mengandung serat, dan sumber vitamin C yang dapat diandalkan adalah sebagian dari deretan kebaikan apel. Bahkan, kulit dari buah untuk diabetes ini pun mengandung antioksidan. 

2. Jeruk 

Jeruk adalah sumber vitamin C. Saking kayanya, satu jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin ini. Jeruk juga mengandung folat dan kalium yang bisa membantu menormalkan tekanan darah. Buah ini pantas menjadi pilihan bagi penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kalori. 

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

X