Bagaimana Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19?

- Jumat, 18 Juni 2021 | 07:48 WIB
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada warga dalam Vaksinasi Massal Covid-19 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Kamis 17 Juni 2021. Vaksinasi massal tersebut menyediakan sedikitnya 5.000 dosis vaksin Covid-19 bagi warga Bandung Raya.
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada warga dalam Vaksinasi Massal Covid-19 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Kamis 17 Juni 2021. Vaksinasi massal tersebut menyediakan sedikitnya 5.000 dosis vaksin Covid-19 bagi warga Bandung Raya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada 15 macam vaksin Covid-19 yang bisa digunakan di dunia. Namun vaksin Covid-19 dapat memicu terjadinya efek samping.

Dilansir dari Republika.co.id, setiap orang dapat menunjukkan reaksi yang berbeda setelah divaksinasi. Sebagian mungkin bisa mengalami sedikit atau bahkan tidak ada efek samping sama sekali, sedangkan sebagian lainnya mengalami cukup banyak efek samping.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan ada beberapa efek samping vaksin Covid-19 yang paling umum terjadi. Efek samping tersebut di antaranya adalah kelelahan, demam, sakit kepala, nyeri badan, menggigil, mual, diare, dan sakit di area suntikan.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS mengungkapkan bahwa efek samping yang muncul setelah vaksinasi merupakan hal normal. Efek samping ini biasanya akan mereda dan hilang dalam beberapa hari setelah vaksin disuntikkan.

Bila mengalami efek samping setelah vaksinasi Covid-19, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meringankan dan mengatasinya. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir Medical News Today.

Obat bebas

Ada obat-obat bebas atau over the counter (OTC) yang bisa membantu meringankan keluhan dan efek samping setelah vaksinasi Covid-19. CDC menganjurkan obat-obatan ini diminum setelah seseorang mendapatkan vaksin Covid-19 dan mengalami gejala efek samping.

CDC tidak menganjurkan orang-orang untuk mengonsumsi obat bebas sebelum vaksinasi untuk "mencegah" timbulnya gejala.

Beberapa contoh obat OTC yang dapat membantu mengatasi efek samping vaksin Covid-19 adalah ibuprofen, asetaminofen atau parasetamol, dan aspirin. Obat-obat bebas ini dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri otot, sakit di area suntikan, atau kombinasi dari masalah-masalah ini.

Pengobatan rumahan

Bila tak ingin menggunakan obat bebas, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk meringankan efek samping vaksin Covid-19 di rumah. Salah satunya dengan pengobatan atau perawatan ala rumahan.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X