Bahaya Mengonsumsi Obat Bebas, Jangan Asal Minum!

- Kamis, 17 Juni 2021 | 15:43 WIB
Ilustrasi -- Obat bebas adalah obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Obat bebas umumnya dikonsumsi untuk mengatasi gejala ringan yang dianggap tidak membutuhkan konsultasi dengan dokter.
Ilustrasi -- Obat bebas adalah obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Obat bebas umumnya dikonsumsi untuk mengatasi gejala ringan yang dianggap tidak membutuhkan konsultasi dengan dokter.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Obat bebas adalah obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Obat ini aman dikonsumsi apabila digunakan sesuai petunjuk. Meski demikian, obat bebas juga memiliki risiko dan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, terutama bila disalahgunakan.

Obat bebas umumnya dikonsumsi untuk mengatasi gejala ringan yang dianggap tidak membutuhkan konsultasi dengan dokter, seperti demam, gatal-gatal, atau nyeri ringan, misalnya sakit gigi dan sakit kepala.

Walau aman dikonsumsi, obat bebas yang digunakan secara sembarangan atau tidak tepat justru dapat memicu munculnya masalah kesehatan lain.

Risiko Penggunaan Obat Bebas
Tak sedikit orang yang sering menggunakan obat bebas tanpa mencari tahu keluhan yang dialaminya ke dokter. Obat bebas umumnya hanya dapat meredakan gejala tertentu, tetapi tidak mengobati penyakit sepenuhnya.

Apabila dikonsumsi tidak sesuai takaran yang tepat atau tidak sesuai petunjuk pemakaian, obat bebas bahkan bisa berisiko membahayakan kesehatan.

Dikutip dari Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar obat bebas dan risiko bila obat bebas digunakan secara tidak tepat:

1. Efek samping obat bebas
Semua jenis obat memang dapat menyebabkan efek samping. Namun, penggunaan obat yang tidak sesuai dengan takaran atau dosis dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca terlebih dahulu aturan penggunaan obat dan konsumsilah obat secara tepat.

2. Kontraindikasi obat bebas
Tidak hanya menimbulkan efek samping, beberapa jenis obat bebas terkadang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu.

Sebagai contoh, obat pilek dekongestan tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki hipertensi karena dapat menimbulkan efek samping berupa peningkatan tekanan darah.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X