Jangan Lakukan Hal Ini saat Mandi Pagi, Bisa Ancam Kesehatan!

- Kamis, 17 Juni 2021 | 13:05 WIB
[ilustrasi] Mandi pada pagi hari merupakan rutinitas yang dibutuhkan untuk mendukung kesegaran dalam beraktivitas sehari-hari. Namun ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.
[ilustrasi] Mandi pada pagi hari merupakan rutinitas yang dibutuhkan untuk mendukung kesegaran dalam beraktivitas sehari-hari. Namun ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mandi pada pagi hari merupakan rutinitas yang dibutuhkan untuk mendukung kesegaran dalam beraktivitas sehari-hari. Namun ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti suhu, waktu, dan produk yang digunakan agar mandi pagi tidak menimbulkan masalah pada kemudian hari.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat mandi pagi, seperti dilansir di laman Bestlife, Kamis, 17 Juni 2021.

1. Mandi dengan air terlalu panas

Meskipun gagasan untuk memulai pagi dengan mandi air dingin atau hangat terdengar tidak menarik, para ahli mengatakan itu adalah hal terbaik untuk Anda. "Mandi pagi Anda harus menggunakan air suam-suam kuku dan tidak terlalu panas," kata ahli kecantikan profesional, Alison Angold.

Air yang sangat panas tidak hanya akan mengeringkan kulit, tetapi juga menghilangkan penghalang permukaan kulit yang terdiri dari keringat dan sebum untuk memberi lapisan perlindungan antibakteri yang tak terlihat. 

Perlindungan ini mencegah bakteri dari memasuki kulit, tetapi juga melindungi terhadap kekeringan yang berlebihan, sensitivitas, iritasi, berjerawat. Dokter kulit klinis, Ailynne Marie Vergara-Wijangco, setuju bahwa air panas menghilangkan minyak alami dan merusak kulit lebih cepat.

2. Terlalu lama

Meskipun mungkin tergoda untuk memulai hari dengan mandi panjang dan mewah, para ahli memperingatkan agar tidak melakukannya. "Mandi terlalu lama bisa berbahaya bagi kulit," kata Amber O'Brien, MD, seorang dokter di Mango Clinic. 

O'Brien menyarankan menghabiskan tidak lebih dari lima sampai 10 menit di kamar mandi pada pagi hari. Paparan air yang berkepanjangan dapat menyebabkan kulit dan rambut kering. 

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X