Daftar Lengkap Obat Asam Urat Alami hingga Medis, Segera Catat!

- Selasa, 15 Juni 2021 | 09:28 WIB
ilustrasi nyeri asam urat.
ilustrasi nyeri asam urat.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penyakit asam urat adalah radang sendi yang terjadi akibat adanya penumpukan asam urat dalam darah. Penyakit ini ditandai dengan nyeri sendi berat yang menyerang secara tiba-tiba dan bertahan cukup lama. Sendi juga bisa mengalami pembengkakan dan kekakuan.

Ada beragam pilihan obat asam urat yang bisa Anda coba, baik yang alami hingga obat-obatan medis. Prinsip kerja obat asam urat umumnya dibagi menjadi 2 cara, yakni meredakan rasa sakit dan mengurangi penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh.

Gejala yang disebabkan penyakit asam urat bisa sangat mengganggu hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Padahal, penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria berusia 30–50 tahun yang tergolong masih produktif. Oleh karena itu, penggunaan obat asam urat sangat penting agar keluhan akibat kondisi ini bisa teratasi.

Obat Asam Urat Alami
Sebelum bertemu dengan dokter, ada beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda coba untuk meringankan keluhan penyakit asam urat. Obat asam urat alami ini bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat darah, sehingga juga menurunkan risiko terjadinya serangan. Dikutip dari Alodokter.com, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kopi
Manfaat kopi sebagai obat asam urat alami telah didukung oleh banyak penelitian. Kopi mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Selain itu, kopi juga diduga dapat menghalangi kerja enzim yang menghasilkan asam urat, sehingga kadar asam urat darah menurun.

Meski demikian, pertimbangkan penggunaan kopi jika Anda juga memiliki kondisi kesehatan yang membuat Anda perlu membatasi konsumsi minuman ini, misalnya tekanan darah tinggi atau aritmia.

2. Buah kaya antioksidan
Buah berwarna gelap seperti anggur, blackberry, blueberry, dan raspberry sangat membantu menjaga agar kadar asam urat tetap terkendali. Buah ceri juga dinilai efektif menurunkan kadar asam urat, sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat.

3. Makanan kaya vitamin C
Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Vitamin ini memiliki sifat spesial yang dapat meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine, sehingga kadar asam urat darah juga menurun.

4. Akupunktur
Teknik akupunktur dipercaya dapat menekan produksi asam urat dalam tubuh dan mencegah serangan asam urat. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat akupunktur sebagai obat asam urat alami. Meski begitu, manfaat akupunktur untuk meredakan nyeri kronis dan radang sendi sudah dibuktikan, sehingga bisa bermanfaat untuk penderita penyakit asam urat.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Berat Badan Tak Berhasil Turun? 4 Hal Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 12:47 WIB

Jangan Abaikan Migrain atau Sakit Kepala!

Kamis, 23 September 2021 | 08:30 WIB

Cara Mengatasi Susah Kentut, Tak Perlu Ribet!

Rabu, 22 September 2021 | 14:54 WIB

Apa Itu Angina dan Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Rabu, 22 September 2021 | 14:37 WIB

Mengulik Manfaat dan Risiko Tidur Sambil Duduk

Rabu, 22 September 2021 | 13:42 WIB

Cari Tahu Umur Tulang dengan Teknik Ini

Rabu, 22 September 2021 | 11:13 WIB

Waspada, Covid-19 Kian Mudah Menyebar di Udara

Rabu, 22 September 2021 | 08:12 WIB

Mata Kedutan, Normal atau Tanda Penyakit Serius?

Selasa, 21 September 2021 | 13:06 WIB
X