Turunkan Risiko Jantung Koroner Dengan Minum Ini!

- Senin, 14 Juni 2021 | 13:56 WIB
[Ilustrasi] Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengonsumsi yoghurt dua kali sepekan.
[Ilustrasi] Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengonsumsi yoghurt dua kali sepekan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menjaga kesehatan jantung Anda melibatkan lebih dari sekadar berolahraga. Menurut sebuah studi, Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengonsumsi yoghurt dua kali sepekan.  

Banyak yang sudah menyukai yogurt karena camilan mudah dan serbaguna yang bisa Anda tambahkan dengan bahan-bahan segar. Tetapi sebuah penelitian besar yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension pada tahun 2018 menemukan bahwa makan dua atau lebih porsi yogurt dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

"Kami berhipotesis bahwa asupan yogurt jangka panjang dapat mengurangi risiko masalah kardiovaskular karena beberapa penelitian kecil sebelumnya telah menunjukkan efek menguntungkan dari produk susu fermentasi," ujar Justin Buendia, PhD, salah satu penulis studi tersebut, dilansir di Best Life Online, Senin (14/6).

"Di sini, kami memiliki kohort pria dan wanita hipertensi yang sangat besar, yang diikuti hingga 30 tahun," lanjutnya.

Para peneliti dari Boston University dan Harvard Medical School memeriksa catatan kesehatan lebih dari 55 ribu wanita dengan tekanan darah tinggi antara usia 30 dan 55 dan 18 ribu pria antara usia 40 dan 55.  Setiap peserta kemudian mencatat diet harian mereka dan diagnosis medis apa pun, termasuk serangan jantung, stroke, atau kondisi lain.

Studi tersebut menunjukkan bahwa dari mereka yang mengonsumsi yoghurt dua kali seminggu atau lebih, pria 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi produk susu. Wanita melihat penurunan yang sangat besar, menjadi 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami keadaan darurat jantung. Namun, baik pria maupun wanita yang mengonsumsi yogurt secara teratur mengalami penurunan risiko penyakit jantung koroner hingga 20 persen.

"Hasil kami memberikan bukti baru yang penting bahwa yogurt dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung saja atau sebagai bagian konsisten dari diet kaya serat, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian," kata Buendia.

Jika Anda ingin mulai memasukkan lebih banyak yogurt ke dalam makanan Anda, Anda tidak boleh mengambil sembarang produk saat Anda berada di toko bahan makanan. Karena banyak merek yoghurt yang dikemas dengan gula, meskipun dibuat dengan buah asli. Pemanis buatan yang tidak sehat dapat membuat tubuh Anda ketagihan di kemudian hari.

Sebaliknya, pilihan terbaik memilih plain yoghurt sehingga Anda dapat mencampurnya dengan bahan-bahan segar. Yoghurt tawar tanpa lemak adalah yang terbaik. Baik yoghurt asli dan greek yoghurt adalah sumber protein, kalsium, dan probiotik yang sangat baik.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB
X