Bentuk Tubuh Bisa Tunjukan Masalah Kesehatan, Ayo Cek!

- Senin, 14 Juni 2021 | 12:00 WIB
Bukan hanya memengaruhi penampilan, bentuk tubuh wanita juga dapat memengaruhi risiko munculnya sejumlah penyakit.
Bukan hanya memengaruhi penampilan, bentuk tubuh wanita juga dapat memengaruhi risiko munculnya sejumlah penyakit.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bentuk tubuh wanita beragam, ada yang seperti apel, pir, atau jam pasir. Hal ini dipengaruhi oleh kecenderungan tubuh untuk menyimpan lemak di bagian tertentu. Bukan hanya memengaruhi penampilan, bentuk tubuh wanita juga dapat memengaruhi risiko munculnya sejumlah penyakit.

Bentuk tubuh yang beragam menjadikan setiap wanita unik. Secara umum, bentuk tubuh wanita dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu apel (segitiga terbalik), pir (segitiga), dan jam pasir.

Perbedaan bentuk ini adalah karena perbedaan distribusi penyimpanan lemak dalam tubuh. Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormon dalam tubuh wanita.

Dikutip dari Alodokter.com, beberapa studi menyebutkan bahwa wanita yang memiliki bentuk tubuh apel dan pir lebih rentan terkena penyakit. Namun, hal ini bukan berarti bahwa wanita dengan bentuk tubuh lain, seperti tipe tubuh ramping atau jam pasir, terbebas sepenuhnya dari risiko penyakit.

Faktor utama yang meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit adalah gaya hidup tidak sehat, memiliki berat badan berlebih, dan jarang olahraga.

Risiko Kesehatan Bentuk Tubuh Apel
Bentuk tubuh wanita menyerupai apel digambarkan memiliki pinggang dan payudara yang besar, namun pinggul yang lebih kecil. Pada bentuk tubuh ini, penumpukan lemak lebih banyak terjadi di area perut dan pinggang. Hal ini membuat wanita dengan bentuk tubuh apel lebih rentan terhadap penyakit berikut:

Diabetes
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pola makan yang kurang sehat dan kebiasaan jarang berolahraga dapat menyebabkan jaringan lemak banyak menumpuk di bagian perut dan pinggang.

Hal ini menandakan bahwa wanita dengan bentuk tubuh apel yang memiliki berat badan berlebih cenderung lebih berisiko untuk terkena diabetes.

Penyakit jantung dan pembuluh darah
Wanita yang memiliki bentuk tubuh apel memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi atau stroke, dibandingkan wanita dengan bentuk tubuh lainnya. Ini juga berkaitan dengan pola makan yang kurang sehat dan kelebihan berat badan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X