Gula Batu Lebih Sehat Dibanding Gula Pasir? Ini Faktanya

- Senin, 14 Juni 2021 | 09:53 WIB
Gula Batu,
Gula Batu,

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gula kerap digunakan sebagai pemberi rasa manis pada aneka hidangan, khususnya pada hidangan penutup, seperti es krim dan kue. Tak hanya memberikan rasa yang nikmat, gula juga kerap digunakan sebagai pengawet alami pada makanan. Ada 2 jenis gula yang umum digunakan saat ini, yaitu gula batu dan gula pasir.

Gula batu dan gula pasir kerap digunakan sebagai pemanis, baik pada makanan atau minuman. Meski kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda, beberapa orang menganggap bahwa gula batu lebih sehat daripada gula pasir. Namun, apakah anggapan tersebut benar adanya?

Apa Pengaruh Asupan Gula pada Kesehatan Tubuh?
Dikutip dari Alodokter.com, sesekali menikmati minuman dan camilan manis memang menyenangkan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, hal tersebut dapat berisiko buruk terhadap kesehatan. Konsumsi gula berlebihan diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan diabetes tipe 2.

Jika seseorang sudah terkena diabetes tipe 2, ia harus menjalani hari-hari sepanjang hidupnya untuk menjaga penyakit tersebut agar tidak kambuh atau semakin parah. Salah satunya adalah dengan membatasi asupan karbohidrat dan gula.

Perhitungan banyaknya asupan karbohidrat harian menjadi penting pada penderita diabetes karena karbohidrat memiliki pengaruh lebih besar terhadap kadar gula darah darah dibandingkan nutrisi lainnya.

Gula adalah hasil metabolisme dari karbohidrat yang terkandung pada makanan, misalnya nasi dan roti. Namun, selain diperoleh dari metabolisme karbohidrat, gula tambahan juga umumnya diperoleh dari makanan atau minuman yang mengandung pemanis, seperti gula pasir.

Seiring meningkatnya pemahaman masyarakat terkait pemakaian gula pasir berlebih dan dampak buruknya terhadap kesehatan, dicarilah alternatif pemanis lainnya. Salah satu pilihan jenis pemanis yang dianggap lebih baik daripada gula pasir adalah gula batu.

Apakah Benar Gula Batu Lebih Sehat?
Untuk memastikan apakah benar gula batu lebih sehat daripada gula pasir, berikut ini adalah deretan fakta seputar gula batu yang perlu Anda ketahui:

Bahan dasar gula batu
Bahan yang digunakan untuk membentuk gula batu adalah larutan gula cair. Larutan tersebut kemudian diendapkan atau dikristalisasi sehingga menghasilkan gula yang keras layaknya batu. Karena bentuknya yang besar, gula tersebut dikenal dengan sebutan gula batu.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X