5 Tanaman Hias Ampuh Mengusir Nyamuk dan Serangga

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 09:01 WIB
Tanaman Hias Koleksi Premium Syngonium Variegata.
Tanaman Hias Koleksi Premium Syngonium Variegata.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada beberapa tanaman hias ampuh untuk mengusir nyamuk dan serangga. Kamu bisa menggunakannya di rumahmu.

Dilansir dari Suara.com, tapi, tak banyak yang tahu bahwa setiap tanaman hias memiliki manfaatnya masing-masing, salah satunya mengusir nyamuk dan serangga. Beberapa tanaman hias memiliki aroma kuat sehingga tidak disukai nyamuk dan serangga.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 jenis tanaman hias yang ampuh mengusir nyamuk dan serangga.

1. Krisan

Krisan tidak hanya sebuah bunga yang indah, tetapi juga berfungsi sebagai pengusir serangga. Bunga krisan menghasilkan zat yang disebut piretrin, yang tidak disukai serangga.

Anda bisa menanam buang krisan di samping tanaman lain sebagai pengusir hama. Anda juga bisa memetik bunga krisan untuk dimasukkan ke dalam air panas dan disemprotkan ke pakaian atau permukaan untuk mengusir nyamuk.

2. Mint

Daun mint juga sering dimanfaatkan untuk campuran minuman atau makanan. Tapi, daun mint juga bisa mencegah semut masuk ke rumah. Anda cukup menaburkan daun mint ke permukaan yang sering dikunjungi semut supaya menjauh. Aroma kuat dari daun mint ini bisa mengusir serangga yang tidak diinginkan.

3. Lavender

Lavender mengandung senyawa bernama linalool yang dikenal sebagai insektisida kutu, lalat buah dan kecoa. Anda bisa mengambil segenggam daun lavender, memasukkan ke dalam botol semprot berisi air dan menyemprotkannya ke kulit serta permukaan rumah Anda.

4. Rosemary

Tanaman rosemary tak hanya bagus sebagai hiasan rumah, tetapi juga bisa mengusir nyamuk dan serangga. Bunga rosemary memiliki kekuatan untuk mengusir nyamuk.

Cukup tambahkan satu cangkir rosemary kering ke dalam satu liter air, didihkan dan biarkan dingin untuk memasukkan ke dalam botol semprot. Anda juga bisa menyemprotkan air rosemary langsung ke kulit atau hewan peliharaan agar terhindar dari nyamuk.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X