Hentikan Sekarang! Ini Dampak Negatif Kebiasaan Mengucek Mata

- Senin, 7 Juni 2021 | 08:04 WIB
Mengucek mata saat mata terasa gatal, mengantuk, atau bangun tidur mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering mengucek mata bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada mata?
Mengucek mata saat mata terasa gatal, mengantuk, atau bangun tidur mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering mengucek mata bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada mata?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mengucek mata saat mata terasa gatal, mengantuk, atau bangun tidur mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering mengucek mata bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada mata?

Jika dilakukan sesekali, mengucek mata sebenarnya baik untuk kesehatan. Mengucek mata merupakan cara untuk menstimulasi agar air mata keluar, sehingga mata tidak kering atau gatal.

Dampak Negatif Terlalu Sering Mengucek Mata
Dikutip dari Alodokter.com, berikut adalah beberapa dampak negatif yang bisa terjadi pada mata jika terlalu sering dikucek:

Iritasi kelopak mata
Jika kamu adalah wanita yang sering menggunakan make up, hindari terlalu sering mengucek mata jika tidak ingin mengalami iritasi kelopak mata. Pasalnya, saat kamu mengucek mata, kuman atau bahan kimia dari produk make up bisa masuk ke dalam matamu.

Kerusakan kornea
Kebiasaan mengucek mata juga bisa menyebabkan kerusakan kornea, lho. Ini bisa terjadi jika jarimu secara tidak langsung menekan kornea atau ada bulu mata yang masuk ke dalam kornea

Jika dibiarkan, kerusakan kornea dapat mengganggu penglihatan, bahkan menyebabkan kebutaan.

Mata berdarah
Pengertian mata berdarah (perdarahan subkonjungtiva) di sini bukan berarti mata mengeluarkan darah ya, melainkan suatu kondisi ketika bagian putih mata berubah warna menjadi merah akibat gumpalan darah.

Mata berdarah yang disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata bisa terjadi karena pembuluh darah kecil yang ada di dalam mata pecah akibat tekanan jari.

Yuk, Hindari Kebiasaan Terlalu Sering Mengucek Mata
Apabila mata terasa gatal, boleh saja dikucek sesekali. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih aman untuk menghilangkan mata gatal, lho. Jika matamu gatal, cobalah lakukan cara-cara di bawah ini untuk meredakannya:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X